Telur Gulung Jajanan SD Bisa Anda Nikmati di 'Kampoeng Tempo Doeloe'

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 02 Jun 2015 13:38 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Siapa yang tak kangen jajanan ini? Telur digoreng dengan minyak panas dan digulung ini mengingatkan pada jajanan sekolah dulu. Apalagi disantap dengan saus sambal, makin mantap. Jika tertarik,datang saja ke La Piazza, Kelapa Gading.

Kampoeng Tempo Doeloe merupakan serangkaian acara dan menjadi salah satu tema yang diangkat dalam acara Jakarta Fashion & Food Fastival (JFFF) 2015 yang ke 12. Dalam acara ini ada sekitar 200 tenant yang ikut meramaikan. Tak hanya jajanan tradisional, jajanan telur juga bisa Anda nikmati di sini.

Tak hanya praktis, telur juga terkenal dengan kandungan zat gizinya. Dalam satu butir telur mengandung protein, kolin serta vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan jaringan tubuh.

Booth jajanan telur yang ramai dikunjungi ini merupakan booth yang dibuat oleh Sunny Side Up. Berbeda dengan restorannya, dalam acara KTD ini, Sunny Side Up menyajikan aneka jajanan telur masa kecil. Mulai dari telur gulung original, sosis telur hingga telur dadar mini. Semuanya enak!

Untuk pembuatan telur gulung, telur ayam dikocok dengan tambahan bumbu seperti garam dan juga merica kemudian dituang dalam minyak goreng dengan menggunakan sendok dan langsung digulung dengan tusukan lidi atau bambu.

"Telurnya dikocok hingga berbuih dan dituang diatas minyak dan langsung digulung. Minyaknya juga jangan terlalu panas, kalo kepanasan susah digulung nanti" tutur salah satu penjual.

Sedangkan untuk sosis gulung, dibuat dengan cara sosis di goreng kemudian diberi sedikit telur dan digulung. Sedangkan telur dadar mini menggunakan cetakan bulat kecil yang digunakan untuk memasak telur.

Telurnya lembut dan beraroma gurih. Jika biasanya telur disajikan dengan saus merah, di sini telur gulungnya disajikan dengan saus asam manis yang berwarna oranye muda. Sayangnya, sambal asam manisnya terlalu cair sehingga kurang terasa mantap.

Telur gulung yang berisi 4 tusuk dijual dengan harga Rp 16.000, sosis gulung berisi 4 tusuk dijual dengan harga 19.000 dan telur dadar mini dibandrol dengan harga Rp 15.000. Walaupun harganya cukup mahal, akan tetapi bisa mengobati rasa kangen jajanan sekolah.

Jika Anda penasaran untuk mencicip, datang saja ke KTD La Piazza Kelapa Gading yang berlangsung hingga tanggal 7 Juni 2015 mendatang. Buka dari Senin-Jum'at: 16.00-23.00 WIB, hari Sabtu, Minggu, libur nasional: 11.00 – 23.00 WIB.

(lus/odi)