Orang Korea Selatan Suka Minum Bir dengan 'Whipped Cream'

- detikFood Selasa, 27 Jan 2015 18:29 WIB
Foto: Rocketnews24
Jakarta - Selain diminum begitu saja, bir sering dicampur dengan buah yang dimemarkan dan dikenal dengan ‘fruit beer’. Namun, di Korea Selatan orang justru suka mencampur bir dengan ‘whipped cream’.
 
Bir dan whipped-cream memang terasa janggal jika disandingkan bersama. Namun tidak di Korea Selatan, bir dan whipped-cream disajikan bersamaan. Minuman ini disebut “Saengkeulim Maegju” yang berarti bir krim.
 
Dalam sebuah video di kanal YouTube dengan akun Traiblazer Jenn melakukan eksperimen sederhana ini. Awalnya, dua jenis bir dicampurkan yaitu Cass yang berasal dari Korea Selatan dan Yebisu dari Jepang.
 
Setelah itu whipped-cream dan sedikit sprinkle ditambahkan di atasnya. Tampilan bir kali ini memang tampak menarik.
 
Mengenai rasa, Jenn mengungkapkan, “Rasanya mirip seperti cream soda atau sejenis minuman float yang dipadu dengan campuran minuman bersoda. Whipped-cream juga meredakan sedikit rasa pahit dari bir. Seperti saat Anda menambahkan whipped-cream ke dalam kopi. Karena komposisi bir yang lebih banyak belum lagi kombinasi dari whipped-cream akan membuat buihnya melimpah.”
 
Menurut Jenn, minuman ini bisa dikatakan sebagai “soda krim khusus dewasa”. Paduan rasa antara kedua bir asal Korsel dan Jepang lebih kuat bir asal Korsel karena sedikit lebih pahit.
 
Di Korea sendiri, biasanya bir ini disajikan dengan taburan sprinkles, gula warna-warni, dan serutan cokelat. Mungkin terlihat kuno, namun minuman ini cukup disukai oleh orang di sana.



(lus/odi)