Terkait Wabah Listeriosis pada Apel California, Impor Apel Amerika Dibatasi

Fitria Rahmadianti - detikFood Senin, 26 Jan 2015 12:04 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Wabah listeriosis terkait apel yang melanda Amerika Serikat membuat negara-negara yang mengimpor apel tersebut khawatir. Namun perwakilan AS memastikan bahwa apel yang terkontaminasi berasal dari California, sedangkan apel dari wilayah lain relatif aman.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Filipina mengklarifikasi bahwa penarikan apel Granny Smith dan Gala dari AS baru-baru ini terbatas pada apel yang dikemas Bidart Brothers di California.

"Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) serta Badan Pangan dan Obat-obatan (FDA) AS menjelaskan bahwa sejauh ini tak ada masalah pada apel yang diekspor dari wilayah lain di AS, termasuk Washington," kata juru bicara kedutaan besar, seperti dilansir ABS-CBNnews.com (23/01/2015).

Sebagai langkah antisipasi, Malaysia, Thailand, dan Filipina sudah melarang impor kedua jenis apel tersebut dari AS. Sementara itu, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia sedang melakukan uji sampel terhadap apel AS di Indonesia.

Wabah listeriosis yang mengontaminasi kudapan apel bercelup karamel pertama kali dilaporkan sebelum Natal tahun lalu. Per 10 Januari 2015, penyakit akibat bakteri Listeria monocytogenes ini telah menginfeksi total 32 orang dari 11 negara bagian di AS.

Tujuh orang di antaranya meninggal dunia dan seorang ibu hamil mengalami keguguran. Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC) pun mengidentifikasi dua kasus listeriosis di Kanada dengan pola sama dengan wabah di AS.

Bidart Brothers secara sukarela menarik apel Granny Smith dan Gala-nya pada 6 Januari 2015. Langkah ini diambil setelah uji lingkungan menemukan kontaminasi bakteri listeria di fasilitas pengemasan apel perusahaan tersebut. Penarikan ini juga dilakukan beberapa perusahaan produsen apel karamel.

"Konsumen sebaiknya tidak mengonsumsi apel Granny Smith dan Gala yang ditarik Bidart Brothers. Apel-apel ini biasanya dijual dengan merek 'Big B' dan 'Granny's Best', meski bisa juga dijual dengan merek lain atau tanpa merek sama sekali," imbau FDA.

Lembaga ini menyarankan konsumen menanyakan apakah apel dan apel karamel yang akan dikonsumsi atau dibeli dipasok oleh Bidart Brothers. Jika ragu, FDA menganjurkan membuangnya saja.

Konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri listeria dapat menyebabkan demam tinggi, sakit kepala parah, kaku leher, mual, bahkan kematian.

(fit/odi)