Benarkah Rundstuck Warm Merupakan Cikal Bakal Hamburger?

- detikFood Sabtu, 06 Des 2014 10:44 WIB
Foto: hamburg.vilagnezo
Jakarta - Sejak dulu, banyak orang yang menyebutkan asal usul nama Hamburger dari Hamburg, Jerman. Sebuah hidangan asal kota tersebut yang komposisinya mirip hamburger bernama Rundstuck Warm dikatakan sebagai wujud asli hamburger.

Hamburger saat ini banyak dihubungkan dengan Amerika Serikat. Kreasinya tak hanya sebatas beef patty yang diapit dengan roti bulat atau bun tapi juga dengan tambahan keju, bacon, hingga truffle yang dijual dengan harga mahal. Tapi, benua Eropa mempunyai obsesi tersendiri terhadap hamburger, banyak versi menggunakan keju parmesan, keju brie, hingga ham untuk memberikan rasa berbeda.

Helmut Moller, seorang warga asli Hamburg menyatakan hamburger bermula dari hidangan lokal bernama Rundstuck Warm, hidangan ini dideskripsikan sebagai Pork Sandwich. Ada beberapa restoran legendaris yang masih menyajikan Rundstuck Warm yaitu Krameramtstuben yang dibuka sejak tahun 1718 dan Oberhafen Kantine yang telah berumur 70 tahun.

Rundstuck warm pertamanya ditujukan untuk para pekerja dermaga. Tapi, ini sebenarnya adalah makanan sisa yang dimakan saat hari Senin karena sisa pork roast hari Minggu masih sangat banyak,” tutur Helmut kepada BBC (05/12/2014).

Rundstuck warm terbuat dari daging babi yang diberi topping bit, acar, potongan tomat, atau kucai. Sandwich ini diapit oleh bun bulat dan disiram pork gravy. Secara tradisional bun hanya ditaruh di bagian bawah potongan daging. Tapi, benarkah ini asal usul terbentuknya hamburger?

Rundstuck warm sendiri diciptakan pada abad ke 17 saat Hamburg mulai membuat roll bulat. Sejak itu, rol menjadi sajian pendamping daging pork sisa dan gravy saat makan siang. Dengan Hamburg menjadi salah satu kota pelabuhan yang menghubungkan Amerika Serikat dan Eropa, diduga pengaruhnya menyebar hingga ke negara tersebut.

Pada abad ke 18, imigran Jerman membuat gerai makanan di New York dengan nama “Steak Cooked in the Hamburg Style” untuk pelaut Jerman dan imigran Jerman. Gerai tersebut justru menjajakan daging sapi bukan pork yang diapit dengan dua bun bulat. Tapi, tak semua ahli sejarah setuju teori tersebut.

Beef patty mulai tercipta saat masa Romawi dan beberapa ahli sejarah menunjukkan fakta bahwa terciptanya Hamburger bukan berasal dari gerai di New York tapi pekan raya di Wisconsin. Pada tahun 1800, Charles Nagreee menjual Hamburg Steak, burger tanpa bun di Outagamie County Fair di Wisconsin. Untuk meningkatkan penjualannya, ia pun berhasil menciptakan daging yang diapit bun.

Beberapa kisah mirip mengatakan Hamburger pertama kali lahir di Ohio, Texas, Connecticut, dan lainnya. Sayangnya sampai saat ini belum ada bukti nyata dari mana sebenarnya kreasi Hamburger.

(msa/odi)