Laporan dari Singapura

World Street Food Congress Akan Kembali Digelar April Mendatang

- detikFood Minggu, 19 Okt 2014 19:41 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Konggres dunia street food merupakan sarana komunikasi dan promosi street food dunia. Akan berlangsung 5 hari dengan 3 acara inti serta mengangkat tema baru untuk pemberdayaan sreet food dunia.

World Sreet Food Congress (WSFC) pertama sukses digelar tahun lalu. Konggres dunia street food pertama ini telah juga membawa dampa bagi promosi street food di berbagai negara seperti Indonesia, India, Amerika dan Singapura.

Seperti WSFC pertama, 3 hal utama akan tetap menjadi fokus acara. Pertama, menjaga kelestarian warisan kuliner street food. Produksi makanan dari resep warisan keluarga yang enak harus terus diperlihara hingga ke generasi penerus.

Usaha street food harus berkembang secara professional. Mampu menjalin hubungan untuk promosi wisata, berpromosi di kalangan anak sekolah hingga mancanegara.

Tujuan yang ketiga, konggres street food akan menciptakan peluang baru. Menjalin hubungan dengan sesama pelaku usaha street food lokal hingga global sehingga berkembang lebih baik.

WSFC kedua akan mengangkat tema ‘Empowerment, Engangement and Enterprise’. Dalam jumpa persi di Singapura (18/10), K.F Seetoh selaku pendiri Makansutra sekaligus penggagas WSFC mengungkapkan fokus konggres kedua ini.

‘Akan lebih banyak terbuka peluang kerjasama global, para chef akan banyak berbagi resep street food dan juga demo memasak. Juga terbuka peluang usaha untuk pariwisata dan perdagangan global,’ jelas Seetoh.

Banyak usaha street food di Singapura dan dunia merupakan usaha keluarga yang menyajikan hidangan keluarga perlu dipikirkan kelangsungannya. Karena tak banyak generasi muda yang tertarik pasa bisnis ini.

Street food sebagai pelestari kuliner dan penyokong usaha mikro perlu dilindungi. Karenanya kami merasa perlu ada ‘Street Food Academy’ untuk keahlian dan pengelolaan professional,’ tutur Seetoh dalam jumpa pers di auditorium Singapore Tourism Board (18/10).

Singapura sebagai negara dengan street food ternama kembali menjadi tuan rumah. WSFC kedua akan berlangsung di lapangan seberang Parco Bugis, permepatan Rochor Road dan North Bridge Road Singapura.

Menurut rencana WSFC yang didukung Singapore Tourism Board ini akan diikuti oleh 30 street food pilihan dari seluruh dunia, 12 pakar dari mancanegara dan pemberian 16 penghargaan. Untuk tiket masuk dan menikmati street food, 50 dollar Singapura per orang.

Untuk informasi Anda bisa melihat website: www.makansutra.com atau www.wsfcongress.com. Akan ada update informasi secara berkala tentang



(odi/odi)
Load Komentar ...