ADVERTISEMENT

Wah, di Tiongkok, Kecoa Diternak dan Diperdagangkan sebagai Obat!

- detikFood
Selasa, 02 Sep 2014 11:52 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kecoa umumnya dibasmi karena menjadi sarang penyakit. Di Tiongkok justru banyak masyarakat mengonsumsinya. Kecuali sebagai camilan, kecoa juga banyak diternakkan untuk obat penyakit perut hingga jantung.

Peternakan kecoa terbesar di Tiongkok terletak di Jinan, provinsi Shandong. Di sana ada salah satu peternak kecoa terbesar bernama Wang Fuming. Wang mempunyai visi untuk menjadikan kecoa sebagai bahan makanan kaya protein di seluruh Tiongkok.

Ia menyimpan kecoa- kecoa peliharaanya dalam gudang melewati koridor sempit. Sarang kecoa dibuat dari potongan atap berbahan semen. Masuk ke dalam kandang kecoa tercium aroma amonia dengan suara kaki kecoa yang berisik. Jelang waktu panen diperkirakan ada sekitar 10 juta kecoa di kandang tersebut.

Wang mengembangbiakan kecoa Amerika dan menjual beberapa ton pada perusahaan obat di Tiongkok. Kecoa biasanya ditumbuk dan dimasukkan dalam kapsul. Obat tersebut dijual sebagai obat penyakit perut, jantung, dan hati.

Dalam beberapa tahun terakhir, kecoa menjadi salah satu bahan penting untuk toko pengobatan Tiongkok karena hasilnya yang manjur. Walau banyak dikonsumsi sebagai obat, Wang lebih memilih mengonsumsi kecoa dengan cara digoreng menggunakan minyak kacang.

 “Untuk memasaknya kecoa digoreng dua kali. Tubuh saya terasa lebih baik setelah saya mulai mengonsumsi kecoa,” tutur Wang kepada CNN (02/08/2014).

Karena ukurannya yang besar kecoa Amerika sedikit mustahil untuk dimakan utuh. Bagi para pemula, Wang memberi rekomendasi menyantap kecoa goreng yang sayapnya sudah dicabut karena akan lebih mudah dikonsumsi. Kecoa goreng didiskripsikan mempunyai tekstur garing seperti kentang goreng yang lama dimasak. Mau coba?

(dni/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT