Beragam Varian Carat Compound Chocolate Diperkenalkan oleh Puratos

- detikFood Jumat, 20 Sep 2013 17:37 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Puratos Indonesia, anak perusahaan Puratos Group dari Belgia, memperkenalkan produk cokelat terbaru mereka, Carat Compound Chocolate. Acara ini dibarengi pelatihan penggunaan produk Carat Compound Chocolate dalam resep.

Carat Compound Chocolate diluncurkan Juli lalu. Ada empat jenis produk Carat dengan fungsi berbeda, yakni Coverlux dan Coverliq (hard compound, batangan), Decorcrem (soft compound, kemasan ember), dan Supercrem (untuk isian, kemasan ember).

Coverlux adalah cokelat compound serbaguna yang digunakan untuk membuat cokelat batangan, praline, dekorasi, mousse, dan lain-lain. Citarasa cokelatnya kuat dan mirip cokelat couverture karena sifat leleh lemak nabati yang sudah disempurnakan.

Tampilannya berkilau, snap (berbunyi ketika dipatahkan), dan kontraksinya baik sehingga mudah dikeluarkan dari cetakan. Untuk sementara ini, baru tersedia Carat Coverlux Dark dan Carat Coverlux Milk.

Masih dalam kategori hard compound, tersedia Coverliq. Produk cokelat ini dirancang untuk melapisi, mencelupkan, dekorasi, dan perisa. Contoh penggunaannya adalah untuk donat.

Setelah dilelehkan dan donat dicelupkan ke dalamnya, akan terbentuk lapisan tipis yang mengeras setelah dingin. Tampilannya berkilau dengan biaya penggunaan yang efisien. Carat Coverliq tersedia dalam varian Dark dan Milk.

Decorcrem memiliki tekstur seperti krim yang cocok untuk dekorasi cake lembut, brownies, swiss roll, dll. Berbeda dengan Coverliq, Decorcrem tak mengeras jika didiamkan dan stabil saat dipanggang. Decorcrem berkarakter clean-cut ini hanya tersedia dalam varian Dark.

Ingin membuat roti isi cokelat? Anda bisa menggunakan Supercrem yang bertekstur seperti pasta. Jenis cokelat ini cocok untuk isian dengan ekstrusi maupun injeksi, juga dapat dipakai sebelum maupun setelah pemanggangan.

Selain memperkenalkan varian Carat Compound Chocolate dan memberi pengetahuan umum tentang cokelat compound, Puratos juga mengadakan pelatihan hands-on. Bertempat di Puratos Innovation Center Jakarta, Technical Manager Puratos Adang Hendra memandu langsung pembuatan resep berbahan produk Carat.

Salah satunya adalah cake Half Moon yang berbahan bolu pisang, Carat Coverlux Dark untuk ganache, dan Carat Decorcrem untuk lapisan luarnya. Tango Praline-pun dibuat dengan berbagai bentuk. 'Cangkangnya' terbuat dari Carat Coverlux Dark, sementara bagian dalamnya berbahan Carat Coverlux Milk.

Anda yang suka paduan renyah biskuit dan cokelat mungkin akan tertarik dengan Alfajores. Dua keping biskuit diberi isian Carat Supercrem di tengahnya lalu dilapisi Carat Coverliq Dark. Resep yang paling mudah adalah Mendiant, cokelat berbentuk koin yang ditempeli buah kering dan kacang di atasnya.

Puratos Indonesia yang berdiri sejak tahun 1994 menawarkan berbagai produk untuk artisan, industri, pengecer, dan penyedia jasa pangan di bidang bakery, patisserie, dan cokelat. Perusahaan ini telah mendapat sertifikat HACCP dan Halal.



(fit/odi)
Load Komentar ...