Kimchi Didaftarkan Sebagai Warisan Budaya Bukan Benda Korea

- detikFood Senin, 16 Sep 2013 06:33 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Hidangan Korea identik dengan kimchi. Sayur-sayuran seperti kol atau lobak yang difermentasi dipakai dalam berbagai hidangan. Kuliner nasional Korea inipun sedang didaftarkan sebagai warisan budaya tak benda.

Seperti dilansir Rocket News 24 (15/09/13), Yonhap News Agency melaporkan bahwa pemerintah Korea sedang mendaftarkan kimchi sebagai warisan budaya bukan benda (intangible cultural heritage). Saat ini, kimchi baru dijuluki 'kuliner nasional Korea'.

Hasil aplikasi pemerintah Korea akan diumumkan di Komisi Warisan Budaya Tak Benda yang akan diselenggarakan di Azerbaijan, Desember tahun ini.

Saat mengajukan aplikasi, pemerintah Korea juga meminta kimjang didaftarkan sebagai properti budaya. Kimjang adalah tradisi musim salju tahunan, di mana orang-orang Korea membuat bermacam-macam kimchi untuk melewati musim dingin.

Untuk mendorong ketertarikan dan meningkatkan kesempatan aplikasi disetujui, spesialis media asing diharapkan membuka simposium internasional. Hal ini bertujuan untuk membuat kimchi lebih menarik bagi pasar internasional.

(fit/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com