Segarnya 'Jakarta Blazer', Cocktail Berbahan Teh Kreasi Ahli Miksologi Dilmah

- detikFood Kamis, 12 Sep 2013 16:30 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Le Meridien Jakarta kembali menyelenggarakan New Perspective, acara untuk memperluas wawasan lewat interaksi langsung dengan para seniman berbakat di bidang kuliner. Jika sebelumnya acara New Perspective bertema kopi, kali ini Le Meridien Jakarta menghadirkan ahli miksologi dari teh Dilmah.

Acara bertema 'Afternoon Indulgence In The Art Of Tea' ini diselenggarakan pada Rabu (11/09/13) di Le Meridien Club Lounge. Robert Schinkel, pakar miksologi dari Belanda, serta Suren Atukorale, food service manager dari Sri Lanka, memperkenalkan penggunaan teh dalam cocktail dan makanan.

Di acara ini, para undangan diajak melihat video tentang pengalaman Schinkel dan beberapa bartender terpilih dari berbagai negara saat mengikuti kompetisi Dilmah Tea Sommelier di Sri Lanka. Sambil menonton, para undangan mencicipi minuman 'Honeyflower' yang terbuat dari campuran bunga chamomile seduh, madu, jeruk nipis, dan potongan apel. Rasanya manis segar dengan aroma bunga.

Selanjutnya, Schinkel mempraktikkan cara membuat dua jenis minuman. Pertama, ia membuat 'Rose and Vanilla Martini' dengan bahan utama teh Rose with French Vanilla dari seri Dilmah Exceptional. Ia kemudian mencampur teh tersebut dengan vodka, air gula, air jeruk nipis, sari apel, putih telur, dan jus apel.

Setelah jadi, campuran tersebut dikocok dan dituangkan ke gelas martini. Karena diberi putih telur, bagian atasnya tampak berbuih. Agar lebih menarik, minuman disemprot aroma dari kulit jeruk dan ditaburi serbuk teh Rose with French Vanilla.

Selanjutnya, Schinkel mempraktikkan cara membuat 'Jakarta Blazer', versi lokal dari 'Blue Blazer' ciptaan Bapak Miksologi Amerika Jerry Thomas. Minuman ini terbuat dari campuran Italian Almond Tea, whisky, kayumanis, cengkih, parutan kulit jeruk dan jeruk nipis, serta gula.

Yang menarik dari minuman ini adalah cara penyajiannya. Minuman dituangkan dari satu cangkir ke cangkir lain setelah dinyalakan dengan api, sehingga menghasilkan lengkungan api biru panjang.

Sambil mencicipi cocktail kreasi Schinkel dan aneka rasa teh Dilmah, para undangan bisa menikmati aneka kue berbahan teh. Executive Chef Le Meridien Roger Rechsteiner telah menyiapkan 'Mini cronut with peppermint Moroccan mint tea enhanced' sampai 'Peach fruit tea enhanced granita on sumac marinated strawberries'.

Adapula penganan gurih dalam porsi mungil yang ditawarkan berkeliling, seperti 'Oolong tea smoked lamb cutlet on sweet potato puree and Italian almond tea'. Selain itu juga tersedia 'Pan fried prawn on sugar snaps and earl grey beurre blanc' dan 'Darjeeling tea marinated salmon on fennel, orange and longan salad'.

"Di acara ini, para tamu dapat mengetahui bagaimana daun teh yang berbeda menciptakan aroma dan rasa cantik yang dapat meningkatkan suasana hati kita," ujar Arie Ardianti, Marketing Communications Manager Le Meridien Jakarta.




(fit/odi)