Street Food Chef, Menjelajah Kuliner Indonesia dari Mata Bule

- detikFood Jumat, 23 Agu 2013 12:05 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Seberapa banyak Anda tahu tentang kekayaan kuliner Indonesia? Jangan-jangan Anda justru kalah dengan chef bule Will Meyrick. Lewat program TV magazine terbaru Trans TV, Chef Meyrick akan mengajak kita mengenali makanan tradisional.

Mulai 25 Agustus 2013, Trans TV akan menayangkan program kuliner Street Food Chef tiap Minggu pukul 08:00 WIB. Acara ini dibawakan oleh chef berdarah Skotlandia Will Meyrick, serta presenter keturunan Inggris-Bugis Hannah Al-Rasyid.

Nantinya acara ini akan menggabungkan konsep acara Bondan Winarno yakni wisata kuliner dengan acara Jamie at Home yaitu memasak di rumah atau studio. Meyrick dan Hannah akan berpetualang kuliner ke pelosok-pelosok, memelajari resep asli dari para ibu, dan mencoba membuat masakan tersebut di dapur.

Pada konferensi pers di Menara Bank Mega, Kamis (22/08/13), Christianus H. selaku produser Street Food Chef mengatakan bahwa acara ini bertujuan mengangkat kekayaan kuliner Indonesia. Meyrickpun dipilih karena dinilai memiliki kecintaan tinggi terhadap kuliner negeri ini.

"Saat saya membaca blog Meyrick, saya kagum karena bule ini mencintai kuliner Indonesia," ujarnya. Ia melihat ironi bahwa makanan nusantara kurang dihargai oleh orang Indonesia sendiri. "Menurut seorang pakar kuliner, di sekolah kuliner malah diajarkan teknik memasak hidangan Barat, bukan masakan Indonesia," kata Christianus.

Hal serupa dikemukakan Meyrick. Di industri kuliner, tak banyak yang membicarakan makanan Indonesia. "Lewat acara ini, kami mau menunjukkan bahwa bule saja bisa masak hidangan tradisional. Kenapa orang Indonesia tidak bisa?" ujar pria yang telah tinggal di Indonesia selama lebih dari 10 tahun ini.

Hannahpun mengaku antusias bisa ikut memperkenalkan kuliner nusantara ke masyarakat Indonesia. "Makan dan berwisata adalah dua passion saya. Saya belum tahu banyak tentang makanan Indonesia, makanya saya mau belajar budaya di baliknya," tutur Hannah.

Meyrick menekankan bahwa acara ini akan memperkenalkan kuliner Indonesia dengan cara menyenangkan. "Kami akan mengangkat masakan Indonesia agar setara dengan kuliner Barat atau internasional," pungkasnya.



(dyh/odi)