Mixologist Dunia Javier de las Muelas Meracik Cocktail Khusus Untuk Sundara

- detikFood
Rabu, 12 Jun 2013 10:57 WIB
Foto: Four Seasons/detikfood
Jakarta - Resto terbaru Four Seasons Resort Bali Jimbaran Bay ini punya sejumlah menu menarik dan suasana bersantap alami di tepian pantai Jimbaran. Cocktail dan mocktailnya juga diracik istimewa oleh Javier se las Muelas, mixologist dunia dari Barcelona.

Menyebut nama pria kelahiran 1955 ini, Javier de las Muelas tak bisa terpisahkan dengan Dry Martini, Sebuah brand yang dimilikinya sebagai mixologist ternama di dunia. Gimlet dan Dry Martini, bar miliknya yang ada di Barcelona menjadi tempat legendaris untuk menikmati racikan cocktail dan mocktail berkualitas.

Bagaimana jadinya jika cocktail kaliber dunia dipadukan dengan santapan lezat kreasi para chef di Sundara? Itulah yang dibuktikan oleh Javier bersama timnya dari Barcelona dalam sebuah cocktail dinner Minggu (9/06).

Selama sebulan Javier dan tim memberikan pelatihan pada staf dan menciptakan racikan cocktail dan mocktail yang mencerminkan keunikan pulau dewata. 'Kami ingin memberi inspirasi, inovasi segar di Bali terutama standar mixology', demikian tutur Michael Branham, general manager Four Seasons Resort Jimbaran Bay.

Sebagai pembuka Wasabi Martini sudah membuat penasaran. Jus jeruk nipis mengimbangi rasa pedas khas wasabi sehingga tampil sebagai coktail yang menyegarkan untuk mendampingi Tuna Tartar yang disajikan dengan rempeyek kacang, timun dan acara lemon.

Demikian juga dengan Frozen Apple Martini yang mengangkat rasa asam eksotik granny smith apple. Pesona yang pertama tertuju pada Ji.Let Fox-Trot, cocktail andalan Sundara yang diracik Javier dari lime, gin dan spring water yang dijadikan slush ice berbutir halus dan ditambahkan tonic water dan ice cube, disajikan dalam gelas tinggi. Kesegarannya cocok dinikmati dengan Scallops ceviche, jalapeno, prawn dan cilantro yang segar.

Cocktail andalan berikutnya Coconut Rhapsody benar-benar mencerminkan suasana pantai yang menjadi pandangan utama Sundara. Diracik dengan coconut liquor, coconut milk dan gin dengan warna putih susu terasa lembut segar. Cocktail ini sangat pantas mendampingi Red barramundi curry yang berempah kuat.

'Inspirasi racikan cocktail yang saya buat selalu berkaitan dengan lokasi dan bahan-bahan. Sundara memberi inspirasi karean berdekatan dengan laut, pasir dan matahari yang bisa menjelma sangat romantis,' demikian tutur Javier de las Muelas.

Inspirasi romantis eksotik inilah yang diwujudkan dalam cocktail Thousand Nights yang diraciknya dari buah markisa, gin dan coconut. Cocktail inipun sangat sempurna mendampingi Lamb loin yang diolah dengan adas, bayam, board beans dan terung.

Kepiawaian Javier de las Muelas sebagai mixologist berkaliber internasional dibuktikan dengan menciptakan spoon cocktails (jelly shot) yang jadi trend cocktail terbaru di dunia. Spoon Martini, jelly shot cocktail yang kenyal lembut seperti puding diracik dari martini untuk mendampingi Lemon tart kreasi chef Sundara. Tonjokan lembut spoon martini mengiringi lemon tart yang creamy sedikit asam.

Keunikan cocktail dan mocktail (tanpa alkohol) kreasi Javier de las Muelas hanya bisa dinikmati di Sundara. Sejumlah menu andalan yang istimewa pun pantas mengiringi cocktail istimewa ini.

Bisa dinikmati di area depan pantai, ruang makan yang formal atau area terbuka dengan suasana santai sambil menikmati musik yang diputar DJ setiap malam. Untuk informasi dan reservasi bisa menghubungi 0361-701010, atau email sundara.bali@fourseasons.com

(odi/odi)