Maharasa Indonesia Akan Hadirkan Kuliner Artisanal Minangkabau

- detikFood Selasa, 21 Mei 2013 10:47 WIB
Foto: Maharasa Indonesia Foto: Maharasa Indonesia
Jakarta - Pernahkah Anda mencicipi lembut gurih dadiah dari Batipuh? Atau emping melinjo renyah gurih khas Pariaman? Kekayaan pangan terbaik dari Sumatra Barat ini akan disajikan dalam sebuah jamuan makan istimewa.

Sumatra Barat tak hanya rendang. Ada banyak hasil pangan terbaik yang ditanam dan dikembangkan secara turun temurun dalam agrikultur yang sarat dengan kearifan lokal. Melalui ekspedisi khusus ke Sumatra Barat, Maharasa Indonesia mengumpulkan kekayaan kuliner Minangkabau.

Maharasa Indonesia merupakan kelompok yang punya misi memperkenalkan kekayaan bahan pangan terbaik Indonesia. Kekayaan bahan yang merupakan warisan bangsa ini dihadirkan dalam sajian kuliner yang sarat dengan tradisi dan budaya lokal.

Tema pertama yang diangkat Maharasa Indonesia adalah kuliner Minangkabau. Ekspedisi yang dilakukan meliputi ke sentra agrikultur dan perajin makanan lokal. Termasuk mempelajari teknik budidaya dan pengolahan makanan tradisional.

Dengan ekspedisi inilah terungkap kekayaan kuliner Minangkabau. Kelezatan hidangan Minangkabau bukan terletak pada teknik memasak tetapi pada pemakaian bahan-bahan berkualitas. Bahan pangan ini ditanam, dikembangkan secara turun temurun dan alami.

Hasil ekspedisi ini akan dibagikan kepada pemerhati dan pencinta kuliner Indonesia dalam rangkaian jamuan makan malam yang akan diselenggarkan pada tanggal 21 Juni – 23 Juni 2013. Artisanal Cuisine yang disajikan mewakili pemakaian bahan-bahan yang istimewa. Bukan hanya organik tetapi prosedur, lokasi dan nilai luhur budaya ikut andil dalam proses produksinya.

Karenanya 17 hidangan yang disajikan dalam makan malam ini memakai bahan-bahan yang didatangkan langsung dari tempat asalnya di Sumatra Barat. Seperti gula enau dari Situjuah, Payakumbuh, emping melinjo dari Pariaman, beras dari Simancuang, sawo dari Sumpu dan dadiah dari Batipuh.

Jamuan makan ini akan dimulai pukul 19.00 dan akan berlangsung selama 5 jam. Hidangan Artisanal Minangkabau ini diolah langsung oleh chef Adzan Tri Budiman dan chef Ragil Imam Wibowo yang turut dalam ekspedisi tersebut.

Mengiringi santap malam istimewa Helianti Hilman dan Lisa Virgano akan membagikan pengalaman selama ekspedisi dalam bentuk narasi, video klip yang akan menambah wawasan dan informasi lengkap mengenai kekayaan pangan dan kuliner Minangkabau.

Sebuah kesempatan langka untuk bisa menggali dan memahami lebih lengkap kuliner Minangkabau. Jika tak ingin melewatkan acara istimewa ini Anda bisa mandapatkan informasi lengkap dan melakukan reservasi melalui www.bobobobo.com mulai tanggal 24 Mei 2013.



(odi/odi)