ADVERTISEMENT

Peringatan Bahaya Makan Hot Dog Ditampilkan di Papan Iklan

- detikFood
Rabu, 14 Mar 2012 15:27 WIB
Foto: nydailynews.com
Jakarta - Hot dog merupakan makanan siap saji berupa sosis yang diselipkan dalam roti. Mustard, saus tomat, bawang dan mayonaise dapat melengkapi isiannya. Namun terlalu banyak makan hot dog bisa berakibat buruk untuk kesehatan.

Sebuah papan iklan baru-baru ini dipasang di sepanjang jalan Expressway Eisenhower dari arah barat hingga Cicero, Chicago. Papan tersebut bertuliskan peringatan bahaya pada makanan favorit warga sekitar. Bertuliskan “Hot Dogs Cause Butt Cancer”. Menyampaikan informasi bahwa konsumsi daging olahan bisa meningkatkan resiko terkena kanker kolorektal atau kanker usus.

Menurut laporan WGN-TV, papan iklan ini dibuat oleh sekelompok dokter yang tergabung dalam Physicians Committee for Responsible Medicine (PCRM), billboard sudah tersebar di Indianapolis dan Miami. Di Indianapolis billboard bertuliskan “Hot Dogs Can Wreck Your Health”. Sedangkan di Miami bertuliskan “Hot Dogs Can Take You Out of The Game”.

Berdasarkan hasil penelitian PCRM, pria di Illinois, Amerika Serikat banyak yang terserang kanker usus. Di beberapa negara penyakit ini mendapat peringkat ke-6, sebagai penyakit yang banyak diderita. Namun dari hasil survei terbaru diteemukan sekitar 39 persen orang Amerika tidak tahu tentang penyakit yang menyerang usus besar ini.

Kampanye kesehatan ini langsung ditentang oleh beberapa perusahaan yang tergabung dalam National Hot Dog and Sausage Council. Keduanya merupakan divisi dari American Meat Institute.

American Cancer Society melaporkan bahwa kandungan nitrat yang ditemukan dalam daging olahan, sangat mudah untuk meningkatkan resiko kanker usus sebesar sebanyak 50 persen. Jika dikonsumsi selama 10 tahun berturut-turut sebanyak 2-3 hot dog per minggu pada pria dan 1-2 hot dog per minggu untuk wanita.



(Odi/Odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT