Serunya Makan Budae-Jjigge Plus Bulgogi di 'Istana'

- detikFood Kamis, 23 Jun 2011 16:30 WIB
Jakarta - Bukan lantaran demam kpop acara MBB Pak Bondan kali ini diselenggarakan di restoran Korea. Tetapi detikfood juga ingin memberikan pengalaman bersantap yang beda kepada detikfooders. Sukses, kali ini para peserta dapat pengalaman baru sekaligus pulang dengan perut kenyang!

Belum lagi jam 12 siang beberapa peserta rupanya sudah duduk manis di SamWon House - sebuah resoran Korea yang berada di Setiabudi One, lantai GF. Resto yang satu ini memang sedikit unik dengan suasana kental negeri Korea yang tampak di setiap sudut restorannya. Di dinding ada alat musik khas tradisional Korea beserta hanbok yang merupakan baju khas negeri ginseng tersebut.

Kali ini 20 peserta yang beruntung berhak untuk menikmati hidangan Korea di SamWon House bersama Pak Bondan. Setiap peserta yang datang disapa dengan ramah oleh para pelayan. "Annyong haseo," begitulah sapa mereka dalam bahasa Korea sambil sedikit membungkukkan badan. Sambil menunggu kedatangan Pak Bondan, peserta pun disuguhkan cha alias teh - rasanya unik dengan jejak gandum gosong di lidah. O ya, cha ini merupakan teh racikan khusus dari SamWon House loh!

Pak Bondan akhirnya tiba dan langsung menyapa para peserta yang sudah menunggu tak sabar. Hidangan appetizer pun disambut suka cita oleh para peserta yang diam-diam sudah lapar. Sembilan jenis pancan (sajian pembuka yang selalu ada dalam jamuan Korea) dihidangkan dalam mangkok-mangkok putih. "Wah ini semua baru appetizer?" ujar salah seorang peserta sambil tertawa.

Selain dua jenis kimchi, ada namul, salad, bayam, salad ubi, acar lobak dan ikan goreng. "Saya baru pertama kali makan kimchi rasanya enak juga ya," ujar salah seorang peserta. Pak Bondan pun menjelaskan bahwa kimchi merupakan makanan yang selalu hadir di meja makan orang Korea sana. Pajeon alias pancakenya orang Korea pun menyusul tak lama kemudian.

Hidangan utama hadir dalam wajan besi yang berfungsi sebagai hot pot, ditaruh di atas kompor. Sajian ini disebut Budae-Jjigge Jeongol yaitu sup tahu yang dikombinasikan dengan sosis, irisan daging sapi, dan sayur-sayuran. Hmm... warnanya yang kemerahan memang tampak menggiurkan. "Warna merah dari makanan Korea biasanya berasal dari gochujang atau sambal pedas khas Korea. Gochujang ini biasanya juga dipakai untuk kimchi dan bimbimbap," jelas Pak Bondan yang disambut anggukan peserta.

Suasana santai dengan pemandangan Istana Gyeongbokgung di dinding membuat makan siang kali ini serasa di istana. Apalagi menurut mbak Stevany dari SamWon House, di tiap tiang dan lukisan dan ukiran di SamWon house mengandung nilai-nilai filosofi tersendiri.

Selain Budae-Jjigge Jeongol, tentunya bulgogi dan deunghim gui jadi favorit hampir semua peserta. Apalagi di SamWon House semua dagingnya memakai daging impor Australia dan US hmm... pantas mak nyuss! Untuk memakan aneka daging bakar tersebut disajikan juga sangju yaitu menu pelengkap BBQ. Untuk menyantapnya ada caranya sendiri.

"Kalau yang suka film Korea pasti tau. Pertama-tama, taruh dulu selada di atas telapak tangan, kemudian tumpuk dengan daun kenip, terus taruh irisan daun bawang putih, irisan timun, wortel, dan cabai rawit hijau besar. Terakhir barulah si daging bulgogi yang lezat, kemudian dilipat dan siap dimasukkan ke dalam mulut," jelas Pak Bondan sambil memperagakan. Para peserta yang penasaran pun segera ikut mempraktekkan.

Setelah menyajikan berbagai hidangan lezat, SamWon pun memberikan voucher bersatap untuk 5 peserta yang beruntung. Hadiah pertama diberikan kepada Win Diana yang kemarin berulang tahun. Wah senangnya! Hadiah lainnya diberikan kepada para peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari Pak Bondan dan juga Mbak Stevany perwakilan dari SamWon House.

Acara diakhiri dengan foto bareng serta bagi-bagi goodie bag dari detikfood. Terima kasih SamWon House dan juga para detikfooders yang berpartisipasi. Kamsahamnida yorobun, sampai jumpa di MBB selanjutnya!

(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com