Makan Ribs Bareng Pak Bondan Kenyang Plus Tambah Ilmu

- detikFood Kamis, 02 Des 2010 16:47 WIB
Jakarta - Menikmati sajian steak dan ribs rame-rame pastinya memang sesuatu yang mengasyikkan. Apalagi jika di temani oleh si pakar kuliner Pak Bondan. Wah bukan cuma rasanya yang maknyusss dan mengenyangkan, ilmu pun ikut bertambah. Kok bisa?

Setelah sempat 'diliburkan' beberapa saat karena Lebaran, kini acara reguler detikfood 'Maksi Bareng Pak Bondan' kembali digelar. Wah tentunya ini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para pencinta kuliner dan pembaca setia detikfood. Apalagi menu kali ini sangat menggugah selera karena para pemenang akan diajak untuk menikmati steak dan ribs lezat di Q Smokehouse Factory.

Sejak pukul 12 kurang beberapa peserta yang berkantor di sekitar Setiabudi One sudah berkumpul di Q Smokehouse, yang berlokasi lantai dasar Setiabudi One. Restoran yang terkenal akan iga bakarnya ini memang baru saja membuka outlet terbaru mereka di Setiabudi One. Meskipun Q Smokehouse pertama di Panglima Polim sendiri sudah beroperasi sejak tahun 2007 lalu.

Sebelumnya para peserta disambut oleh segelas mungcil welcome drink yang terdiri dari campuran orange dan strawberry. "Wuih segerrr... apalagi di luar panas sekali," ujar salah seorang peserta sambil menyeruput minuman.

Acara dimulai oleh kata sambutan dari Pak Divin selaku Store Manager Q Smokehouse ditemani oleh sang pemilik Mbak Chika. Menurut Pak Divin, perbedaan daging yang di-grilled dan di-smoke itu kalau di-grilled proses pemasakannya memakai api langsung, sedangkan kalau di-smoke hanya menggunakan asapnya saja. "Kami memakai kayu rambutan dan kayu mangga agar efek dari pemanggangannya selama 8 jam ditambah 3 jam untuk pematangannya menghasilkan aroma yang menambah lezat makanan," terang Pak Divin.

Pertama-tama peserta disuguhi oleh 3 jenis appetizer yaitu Spanish Fries yang terbuat dari babby potato, Deep fried "Shroom", dan Crunchy Asian Chicken Salad. Lalu kemudian disusul oleh hidangan utama yang dapat dipilih. Pilihan Pak Bondan jatuh pada Rib Eye Hawaiian Steak yang disajikan dengan kentang goreng. Sedangkan buat penyuka ribs dapat memesan "Dry" Memphis Style Barbecue Beef Back Ribs Platter atau Full House Platter yang terdiri dari sepotong daging iga dan ayam panggang.

"Favorit saya sih Full House Platter karena aroma smoke-nya terasa sekali menambah kenikmatan saat makan. Kalau untuk steak Rib Eye Hawaiian yang saya coba barusan juga enak," ujar Pak Bondan saat ditanya tentang makanan favoritnya. Saat para peserta ditanya apa favorit mereka, koor serentak menjawab "Semua enak mbak... apalagi guede dan kenyang banget."

Selain makan tak sedikit pula yang menanyakan etiket makan steak dari Pak Bondan. "Pak kalo makan steak atau ribs begini boleh gak sih dikasih saos tomat atau sambal?" tanya salah seorang peserta. "Sebaiknya sih kalau memungkinkan jangan, karena kita harus belajar merasakan rasa asli dari suatu makanan. Makanya kalau di luar negeri yang namanya saos hampir tidak pernah ada di restoran," jelas Pak Bondan. "Untuk makan steak juga kalau sudah diiris harus langsung disuapkan di mulut, jangan dipotong-potong kecil semua dulu," jelasnya lagi panjang lebar yang direspon dengan anggukan peserta.

Pembagian doorprize pun berlangsung heboh dan seru. Lima orang yang beruntung memperoleh voucher bersantap dari Q Smokehouse adalah Patricia, Lukmanul, Eka, Indra, dan Dani. Sedangkan enam orang yang memperoleh goodie bag serta marchandise payung dari detikfood (detikcom) adalah Jubelina, Raina, Nourma, Novi, Lia, Sheila, dan Rus. Terima kasih Q Smokehouse dan kami ucapkan selamat buat para pemenang!

Sebelum pulang para peserta juga berfoto bareng plus mencicipi dessert panacotta, brownies with ice cream, dan strawberry short's cake yang lezat. Bagi yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara ini jangan khawatir. Ikuti terus info mengenai kegiatan-kegiatan offline seru detikfood melalui Detikfood Fanpage di Facebook, milis detikfood, serta twitter!
(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com