Nyam... Nyam Gurih Wangi Mi Celor

- detikFood Selasa, 18 Mei 2010 10:53 WIB
Jakarta - Buat penggila mi, siang ini boleh menguji selera dengan racikan mi khas Palembang. Minya gendut kenyal ditaburi tauge yang renyah segar. Kuahnya yang kental pedas gurih bakal menggoyang lidah dan membuat perut kenyang siang ini!

Mi dari Palembang ini merupakan bukti kuat kulturasi kuliner Cina dan lokal. Di luar Palembang tidak semua rumah makan menjual racikan mi yang satu ini. Dibandingkan dengan pempek, mi komplet ini memang kurang populer.

Di Jakarta hampir setiap rumah makan khas Palembang menyeduiakan mi ini meskipun sebagian besar hanya pada hari-hari tertentu. Berbeda dengan mi kuah dari daerah lain, mi dari Palembang ini kuahnya kental, memakai udang, tauge dna telur rebus sebagai pelengkapnya.

Mi yang dipakai merupakan jenis mi hokkian yang seperti lidi, gendut, besar dan kenyal. Kuahnya berupa kaldu udang dan ikan yang diberi bumbu bawang dan dikentalkan dengan tepung kanji sehingga ‘nyemek-nyemek’. Tambahan bumbu lain membuat mi ini jadi berwarna merah oranye menantang!

Untuk menyantapnya bisa ditambahkan sambal rawit dan kucuran air jeruk. Saat panas menegpul, aduk jadi satu semua pelengkapnya. Kuahnya yang kental, gurih, sedikit pedas dan asam dijamin bikin butiran keringat mengucur. Udang, tauge dan telur dijamin bikin sajian mi ini sungguh mengenyangkan.

Sudah kangen dengan mi berkuah kental ini? Segera saja pilih salahsatu rumah makan berikut ini.

RM. Palembang Sari Sanjaya
Jl. Boulevard Raya Blok QA I No 8 – 9
Kelapa Gading Permai
Jakarta Utara
Telp: 021-453 5038

Pempek 89
(Pinggir Jalan Raya)
Blok S, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan

Pempek Pak Raden
Jl. Tebet Barat IX (9) No. 35A
Jakarta Selatan
Telp: 021-831 7493

Pempek Palembang dan Otak Otak Kepala Gading 161
Jl. Boulevard Blok FW 1 No 26
Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp: 021-452 6607

Pondok Wong Palembang (Sudah di Review)
Jl. Veteran I No 12a
Jakarta
Telp: 021-3865758




(dev/Odi)