Makan Siang Enak

Nyam Nyam... Empuknya Si Empal Gepuk!

- detikFood Selasa, 05 Jan 2010 12:03 WIB
Jakarta - Siapa yang tidak kenal empal gepuk? Daging olahan tradisional khas Sunda yang satu ini rasanya memang patut diacungi jempol. Dagingnya memakai daging sapi yang diiris tipis. Bumbunya yang terasa manis gurih meresap hingga ke dalam serat daging terasa lezat, apalagi saat dipadukan dengan nasi uduk dan sambal. Nyam.. nyam!

Nama empal gepuk memang sudah tak asing di telinga kita. Ya, makanan olahan daging khas Sunda ini uenaknya memang poll. Apalagi empal gepuk bisa dijadikan lauk-pauk untuk makanan sehari-hari mulai dari teman pendamping nasi putih, nasi timbel atau nasi uduk.

Daging sapi yang digunakan untuk membuat empal gepuk ini adalah daging sapi bagian paha atas. Sedangkan nama 'empal gepuk' ternyata memiliki arti tersendiri.  Daging sapi biasanya dipotong tipis mengikuti serat lalu dimasak dengan bumbu empal (bawang merah, bawang putih, ketumbar dan gula merah) hingga meresap. Sebelum digoreng, daging empal dipukul-pukul ata digepuk hingga pipih. Nah, karena itulah namnya jadi 'empal gepuk'.

Proses pemukulan daging sapi tersebut membuat serat daging jadi putus atau pipih sehingga daging lebih mudah dikunyah. Sedangkan proses pemasakn yang lama membuat bumbu meresap sempuran hingga ke serat daging. Rasanyapun manis-manis gurih enak!

Untuk menikmati empal gepuk ini tak sulit, sebab empal gepuk biasa dijual di berbagai restoran dan rumah makan khas Sunda. Jodoh empal gepuk ini tentu saja sambal yang pedas, lalap sayuran atau sayur asam. Buat yang sudah tak sabar ingin menikmati empal gepuk siang ini, berikut restoran yang bisa jadi tujuan Anda:

Nasi Uduk Gondangdia
Jl. Cikini IV No.8A
Jakarta Pusat
Telp: 021-98566400/31935131
Cabang:
Jl. Boulevard Raya TA2 No.36
Kelapa Gading - Jakarta Utara

Nasi Uduk Kebon Kacang Hj. Ellya
Jalan Pesanggarahan no. 169
Jakarta Barat
Jam Buka : 10.00 WIB-22.00 WIB

Masakan Khas Bu Rudi
Jl. Raya Boulevard TA II No. 31-32
Kelapa Gading
Jakarta Utara 
Telp: 021-4526565

Rumah Makan Ayam Goreng & Nasi Uduk
H.Babe Saman
Jl. Kebon Kacang I
Jakarta Pusat
Telpon: 021- 3145429

Ayam Goreng Kremes Kriuk
Jl. Cinere Raya No.30
(depan pompa bensin, seberang lapangan futsal)
Telpon : 021-7533172

Nasi Jambronk & Nasi Bumbung
Ruko Paramount center Blok A-26
Jl. Raya Kelapa Dua, Gading Serpong
Tangerang
Telp: 021-33121314




(dev/Odi)