Kriuk... kriuk Bagea Kenari

- detikFood Kamis, 14 Agu 2008 13:57 WIB
Jakarta - Penganan khas dari Indonesia Timur ini memiliki rasa dan aroma yang unik. Sedikit keras, saat digigit tetapi saat terkena butiran kenari wouuw... gurih abis! Jangan kaget kalau Anda langsung jatuh hati pada kue yang satu ini.

Kalau berkunjung ke Manado atau Ternate pastilah kue bagea ini tak tertinggal sebagai oleh-oleh. Bahan utamanya memang tepung sagu tetapi yang jadi ciri khasnya justru kenari. Kacang kenari memang produk unggulan Manado dan Ternate. Jangan salah ya, kacang kenari nya besar-besar dan sangat renyah.

Kebetulan oleh-oleh yang dibawa teman dari Manado ini menggugah kenangan masa kecil saya saat sering makan kue bawaan oom saya yang ada di sana. Kue ini sebenarnya terbuat dari tepung sagu, gula merah, kenari dan rempah-rempah seperti pala dan kayu manis. Kemudian adonan dicetak, dibungkus dalam daun enau atau daun lontar dan dipanggang kering.

Nah, saat dibuka daun kering yang melekat pada  adonan membuat kue ini makin wangi. Belum lagi aroma wangi kayu manis yang sangat semerbak. Ada juga jenis yang putih atau asin. Tetapi saya lebih suka yang manis. Paduan kacang kenari yang renyah dan aroma gula yang harum sangat istimewa.

Untuk menikmatinya memang paling pas dengan secangkir kopi pahit atau teh kental. Rasa tepung sagu yang langsung lumer di mulut plus kriuk-kriuk kacang kenari memang tak ada duanya. Mau coba?

(dev/Odi)