ADVERTISEMENT

Gurih Manis Kembang Goyang

- detikFood
Rabu, 09 Jul 2008 15:51 WIB
Jakarta - Nama camilan yang satu ini memang enak lagi unik. Namanya berasal dari cara pembuatannya yang memang digoyang. Rasanya gurih, sedikit manis tapi yang pasti hmm... renyah menggoyang lidah!

Ya, salah satu kue tradisional ini memang cocok sebagai camilan teman menonton TV atau minum teh di rumah bersama keluarga. Tak banyak lagi memang penjual kembang goyang, namun karena membuatnya tak sulit saya pun terbiasa membuatnya sendiri di rumah.

Kembang goyang merupakan salah satu camilan kuno yang sekarang jarang dibuat karena waktu membuatnya lama, perlu kesabaran, harus satu per satu. Padahal makannya lebih cepat karena rasanya renyah dan gurih.

Selain bahan-bahan seperti tepung beras, gula pasir, telur, santan dan minyak goreng, yang terpenting adalah cetakan kembang goyang. Nah, untuk cetakannya biasanya dapat dibeli di pasar tradisional, bentuknya seperti kembang, terbuat dari besi baja plus tangkainya untuk menggoyang si kue saat dimasak.

Membuatnya sendiri cukup unik dan menyenangkan, pertama-tama cetakan dicelupkan dulu dalam minyak yang panas. Setelah itu barulah cetakan dicelupkan pada adonan dan kemudian kembali dimasak dalam minyak panas. Nah, setelah itu barulah saatnya beraksi menggoyang-goyangkan adonan hingga lepas dari cetakan. Gimana mudah bukan?

Mumpung liburan tiba, boleh juga jika Anda mempraktekannya bareng si kecil di rumah. Renyah dan manis rasanya dijamin membuat mulut tak bisa berhenti bergoyang. Gak percaya? Cobain yuk!!
(dev/Odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT