ADVERTISEMENT

Kriuk..kriuk..Keripik Pisang

- detikFood
Jumat, 23 Nov 2007 10:05 WIB
Jakarta - Doyan pisang bukan hanya monopoli si monyet. Pisang yang sarat protein dan vitamin bisa diolah jadi keripik. Yang ini memang jagoannya keripik pisang. Renyah, garing, gurih...pokoknya kriuk...kriuk!

Ngomong-ngomong soal keripik pisang... Di salah satu kota di Sumatra, tepatnya Lampung perkembangan bisnis keripik pisang ini cukup pesat. Hal tersebut sebenarnya tak lepas dari dukungan pasokan pisang yang memadai, sehingga bahan baku pun jadi lebih murah. Apalagi pembuatan keripik pisang sebenarnya cukup sederhana, jadi otomatis tidak terlalu membutuhkan modal yang begitu besar. Hmm... jika dicermati dengan baik sebenarnya bisnis ini dapat menjadi peluang yang cukup menggiurkan loh.

Contoh pisang yang baik untuk dibuat keripik adalah pisang ambon, tanduk dan pisang kepok. Jika asal muasalnya keripik pisang hanya dapat diolah menjadi satu jenis rasa, yaitu manis. Kini, setelah keripik pisang mengalami perkembangan, rasa keju, coklat, asin, dan manis pedas pun dapat Anda jumpai. Tentunya, agar konsumen tak jemu dengan rasa yang itu-itu saja.

Di Lampung sendiri, keripik pisang telah menjadi oleh-oleh yang 'wajib' dibeli bagi mereka yang berkunjung ke kota 'tapis berseri' tersebut. Salah satu pemain lama yang berkecimpung di bisnis ini adalah keripik pisang Suseno yang terkenal akan keripik pisang ambonnya. Keripik Suseno sendiri memiliki kekhasan pada rasanya yang memiliki semburat rasa asam-asam manis. Membututi jejak Suseno, keripik pisang Aneka pun tengah merambat naik dengan mencoba membuat keripik dari pisang kepok. Hasilnya? Hmm... laris manisss!! Nah, berminat jadi juragan pisang juga?? (dev/)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT