Krenyes Manis Coricos, Teman Minum Kopi Khas Meksiko

- detikFood Selasa, 22 Jan 2013 13:49 WIB
Foto: Detalles de la Cocina de Gabby Foto: Detalles de la Cocina de Gabby
Jakarta - Sambil ngopi atau ngeteh, paling komplit jika ditemani kue-kue kecil. Makanan dengan tekstur renyah manis sering jadi pilihan. Orang Meksiko juga punya penganan favorit teman teh atau kopi hangat. Bentuk melingkar dan bulat di bagian tengah, seperti cincin.

Melihat tampilan camilan Meksiko bernama coricos yang melingkar dengan lubang di tengah, mengingatkan akan kue donat. Bedanya, donat digoreng dengan tekstur lembut dan tampak lebih gemuk. Sedangkan coricos lingkarannya lebih kurus, bertekstur kering renyah, dan dipanggang.

Tak sulit membuat coricos. Bahan yang disiapkan adalah tepung jagung, telur, gula, garam, dan baking powder. Bahan lainnya adalah vegetable shortening, atau mentega putih yang dihasilkan dari lemak tumbuhan dengan rasa tawar dan berwarna putih.

Dalam wadah besar, vegetable shortening dan gula dikocok hingga rata. Ditambahkan telur dan dikocok kembali. Kemudian ditambahkan tepung jagung, baking powder, dan sedikit garam. Adonan diaduk hingga kalis.

Kemudian adonan dibentuk jadi bulat panjang. Selanjutnya dua sisinya disatukan, dan bentuknya menyerupai cincin besar. Adonan coricos siap dipanggang sekitar 20 menit hingga matang kecoklatan. Coricospun siap dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.



(flo/odi)