Slruup! Segarnya Sujeonggwa, Punch Jahe dari Korea

- detikFood Rabu, 14 Nov 2012 11:00 WIB
Foto: koreataste.org Foto: koreataste.org
Jakarta - Untuk meredam udara dingin, tak harus minum minuman panas. Coba saja minuman dingin khas Korea ini. Terbuat dari buah kesemek kering, jahe, kayu manis dan lada yang memberi rasa hangat, manis sekaligus segar!

Sujeonggwa merupakan salah satu minuman tradisional Korea yang banyak digemari. Minuman ini juga menjadi salah satu minuman terenak di dunia versi CNNgo. Bahan yang digunakanpun cukup sederhana, yaitu kesemek kering, kayu manis, jahe, lada dan pine nuts untuk taburannya.

Proses membuatnya cukup sederhana. Potong-potong kesemek kering lalu sisihkan. Buah kesemek kering ini banyak dijual di toko makanan Asia. Didihkan air secukupnya bersama kayu manis jahe dan lada selama beberapa saat lalu angkat.

Saring air rebusan rempah. Masukkan potongan kesemek kering dan diamkan hingga buah kesemek ini menjadi lunak. Biasanya selama beberapa jam atau sehari sebelumnya. Hasilnya kuah minuman menjadi cokelat kemerahan dan sedikit kental.

Untuk memberi rasa legit, ditambahkan gula palem dan madu. Sujeonggwa disajikan dalam mangkuk sup keramik dalam keadaan dingin. Sebelum disajikan ditaburi dengan pine nuts yang gurih renyah. Aroma buah kesemek dan rempah yang unik menjadi ciri khas minuman ini. Meskipun dinikmati dingin seperti punch namun rempahnya memberi rasa hangat yang enak.

Minuman ini merupakan minuman favorit orang Korea selain sikhye. Kini sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan kaleng yang lebih praktis. Resep Sujeonggwa juga sudah ada sejak 1849 dalam buku Dongguksesigi dan selalu tersaji saat perayaan tahun baru.




(flo/odi)