Empuk Manis Torta Frita, Roti Goreng Jerman

- detikFood Kamis, 08 Nov 2012 08:59 WIB
Foto: recetasargentinas.net Foto: recetasargentinas.net
Jakarta - Donat dan panada merupakan jenis roti goreng yang banyak disukai orang. Adonannya empuk dan sedikit gurih. Roti dari Jerman ini berntuknya seperti donat yang pipih. Bisa ditambah gula bubuk atau karamel. Paling asyik dimakan dengan secangkir kopi atau teh panas!

Torta Frita merupakan camilan khas dari Jerman. Kemudian dibawa ke Amerika oleh orang Spanyol dan Arab. Mulanya kue ini disebut dengan “sopaipilla” karena berasal dari Suppa Jerman, yang berarti 'roti yang direndam dalam cairan'. Sedangkan orang Arab yang mendapatkan resep ini dari Spanyol menyebutnya sebagai “kue goreng”.

Terbuat dari bahan-bahan sederhana, seperti tepung terigu, ragi, gula, dan garam. Semuanya dicampur dengan air panas. Setelah difermentasikan, adonan ditambahkan dengan telur, susu, gula dan mentega. Adonanpun diuleni hingga kalis dan lembut.

Kemudian adonan dipotong-potong dan dibentuk melingkar dan pipih dengan lubang kecil ditengah. Bentuk ini berfungsi agar torta frita dapat matang sempurna saat digoreng. Setelah digoreng hinggamatang lalu taburi gula bubuk diatasnya.

Rasa torta frita terbilang unik, tidak terlalu manis dan agak asin. Namun ada juga yang menyajikan torta dengan rasa karamel yang legit. Di Jerman , torta firta jadi camilan saat musim hujan atau musim dingin tiba. Dimakan hangat, gurih manis empuk dan mengenyangkan.



(flo/odi)