Uniknya Ramen Dingin Berkuah Biru

- detikFood Jumat, 02 Nov 2012 14:28 WIB
Foto: Rocket News 24 Foto: Rocket News 24
Jakarta - Mie adalah salah satu makanan yang paling digemari masyakarat Asia. Ada berbagai variasi bahan dan penyajiannya, termasuk ramen dari Jepang. Namun, ramen yang ini unik karena kuahnya berwarna biru. Wow!

Ramen merupakan hidangan mie dengan kuah bening. Kuah tersebut bisa berupa kaldu ikan, babi, kecap, atau miso. Biasanya ramen diberi topping irisan daging babi, nori, kamaboko (fish cake), daun bawang, serta potongan telur rebus.

Di Tokyo, tepatnya di toko ramen Bee Hive Genki no Moto, dijual ramen unik. 'Lina Blue Cooled Ramen' ini disajikan dingin dan memiliki kuah biru bening. Apakah warnanya berasal dari bahan sintetis?

Ternyata tidak. Seperti namanya, bahan pewarnanya adalah Lina Blue atau Phycocyanin. Zat ini merupakan ekstrak dari ganggang spirulina. Es loli merek Gari-Gari di Jepang juga menggunakan bahan pewarna yang sama. Es berwarna biru tersebut banyak mendapat sorotan media karena diklaim memiliki efek antipenuaan.

Sejak lama, spirulina dianggap aman dikonsumsi. Meski belum terbukti secara ilmiah, akhir-akhir ini spirulina disebut-disebut memiliki efek antioksidasi. Namun, secaara umum spirulina diketahui memiliki nilai gizi yang sangat minim.

Menurut Rocket News 24 (22/07/12), Bee Hive Genki no Moto sudah beberapa lama mencari cara menggunakan spirulina dalam makanan. Namun, baru kali ini mereka berhasil membuat sup dengan warna dan rasa yang sejuk. Karena itulah, ramen ini hanya dijual pada musim panas. Harganya 850 yen (sekitar Rp 102.000) per mangkuk.



(flo/odi)