Saus Bolognese, Saus Lezat dari Bologna

- detikFood Selasa, 10 Jul 2012 08:12 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Apa jenis saus pasta favorit Anda? Pesto, bolognese, atau carbonara? Salah satu jenis saus pasta favorit adalah saus bolognese. Saus dengan nama panggilan ragu ini dibuat dari saus tomat yang berpadu dengan daging cincang dan rempah-rempah.

Sesuai dengan namanya, bolognese berasal dari Bologna, Italia. Di Bologna, saus ini disebut ragu alla bolognese atau terkenal dengan nama ragu. Konon, saus bolognese ini pertama kali dibuat pada akhir abad ke 18. Rasa saus ini dominasi manis asam dari tomat yang berpadu dengan daging sapi yang gurih.

Resep saus bolognese pertama kali dipublikasikan oleh Pellegrino Artusi. Tercatat jika saus bolognese dibuat dari daging sapi muda yang dicincang halus, kemudian dicampur dengan pancetta atau Italian bacon, bawang bombay dan wortel. Ada juga yang menambahkan jamur kering atau hati ayam.

Saus bolognese biasanya dipadukan dengan jenis pasta panjang seperti spaghetti, tagliatelle, ataupun lasagna. Untuk membuatnya, bahan-bahan yang diperlukan antara lain daging cincang halus, bawang bombay, wortel, paprika hijau, bawang putih, dan pasta tomat.

Tumis bawang bombay, wortel dan paprika hijau hingga agak layu. Kemudian masukkan bawang putih, garam dan lada, dan tuang pasta tomat ke dalamnya. Masukkan daging cincang, dan tunggu hingga sausnya mengental dan tercampur rata.

Biasanya juga ditambahkan wine dan bacon, namun ada juga yang membuatnya tanpa kedua bahan ini. Dalam penyajiannya, ditambahkan keju parmesan parmigiano yang membuat rasanya gurih dan makin spesial. Karena lezatnya, saus khas Italia ini dikenal hingga ke seluruh dunia.

(flo/odi)