ADVERTISEMENT

Si Cantik Legit Untuk Anna Pavlova

- detikFood
Senin, 26 Des 2011 08:20 WIB
Jakarta - Makanan pencuci mulut ini bagian luarnya renyah, sedangkan bagian dalamnya lembut. Warnanya putih garing dan legit. Dihiasi buah segar dan krim. Kue dari Selandia Baru jadi dessert yang disukai banyak orang karena rasa manisnya.

Pavlova merupakan salah satu dessert populer di dunia. Pavlova memang berasal dari nama seorang wanita Rusia bernama Anna Pavlova. Ia adalah penari balet tersohor di awal abad ke-20. Dessert ini dibuat untuk menghormati Anna Pavlova yang pernah mengunjungi Selandia Baru dalam rangkaian tur dunianya pada tahun 1926.

Keindahan gerkan tari balet dan kecantikan Anna diwujudkan dalam dessert ini. Di Selandia Baru dan Australia, pavlova merupakan makanan penutup yang biasa disajikan pada hari-hari istimewa. Teksturnya renyah di luar, lembut di dalam. Ringan dan manis. Biasanya diberi topping whipped cream dan buah segar agar tampak lebih cantik.

Membuat pavlova sama seperti membuat meringue. Putih telur dikocok sampai kaku. Kemudian ditambah gula halus, cuka, tepung maizena, dan esens vanila. Setelah tercampur rata dan adonan menjadi kental, putih, dan mengkilap. Adonan selanjutkan dibentuk di atas loyang menggunakan spuit besar.

Pavlova mudah kempis jika terkena udara dingin. Karena itu setelah selesai dipanggang, pavlova dibiarkan dalam oven hingga benar-benar dingin. Pavlova kemudian dihias dengan topping whipped cream dan potongan buah segar. Warna putih adonan putih telur dengan warna-warni buah membuat dessert ini tampil cantik.

Pavlova agak berbeda dengan meringue. Adonan pavlova menggunakan tepung maizena, sedangkan meringue tidak. Hasilnya, bagian luar pavlova terasa renyah, sedangkan bagian dalamnya lembut kenyal seperti marshmallow. Berbeda dengan meringue yang bertekstur renyah luar dalam.

Pavlova polos yang belum dihias dapat disimpan semalaman di oven atau beberapa hari di wadah kedap udara. Pavlova yang sudah dihias dapat dimasukkan ke kulkas semalaman, namun bagian luarnya tidak akan renyah lagi.




(Odi/Odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT