Welcome Caneles! Cake Trendy Tahun 2012

- detikFood Senin, 12 Des 2011 11:34 WIB
Jakarta - Tahun depan trend cupcakes diperkirakan bakal meredup dan digantikan oleh caneles. Dessert mungil asal Perancis ini bagian luarnya berbalut caramel sehingga terasa sedikit crunchy. Hmm... apa lagi yang membuat dessert ini istimewa?

Tanpa terasa tahun baru sudah diambang pintu. Tidak hanya fashion yang akan berganti model, trend makanan pun sudah banyak menjadi buah bibir. Jika dua tahun ini cupcakes menjadi salah satu trend dalam dunia pastry, tahun depan caneles disebut-sebut akan menggantikan kepopuleran cupcakes. Apa itu caneles?

Caneles merupakan dessert tradisional populer dari kota Bordeaux, Perancis. Kue ini awalnya dikenal dengan nama 'Canaule' dan sudah banyak dikonsumsi serta dijual sejak abad ke-18 di kota tersebut. Keunikan caneles terletak pada bentuknya yang mungil seperti mangkok pudding dengan tinggi 2 inchi atau sekitar 5 cm. Bahan pembuat dessert ini sederhana, seperti tepung, gula, mentega, telur, dan tambahan rhum atau vanilla.

Sebelum dicetak adonan tersebut harus diistirahatkan selama 24 jam. Cetakannya bundar berlekuk kelilingnya, dan di tengahnya cekung. Pada bagian tengahnya caneles diberi isian cream custard yang lembut. Sedangkan di bagian luarnya dibalut dengan caramel berwarna cokelat keemasan. Karamel itulah yang membuat caneles memiliki tekstur yang crunchy di bagian luar dan menebar aroma yang wangi menggoda saat keluarkan dari oven.

Perpaduan rasa chewy, crunchy, dan lembut dalam satu gigitan membuat dessert ini banyak disukai. Caneles tidak hanya cocok sebagai dessert tetapi juga biasa disajikan untuk breakfast dan camilan. Dessert ini juga cocok menjadi teman minum teh, wine, atau cocktail. Karena bentuknya yang mungil-mungil, biasanya caneles dijual per-8 buah atau 16 buah.

Selamat tinggal cupcakes dan macaroon, kini waktunya caneles mengambil alih rak-rak pastry!



(dev/Odi)