Si Lembut Sutera, Kasutera

- detikFood Jumat, 09 Des 2011 13:34 WIB
Jakarta - Sekali merasakan cake yang lembut manis ini pasti ketagihan. Teksturnya halus, ringan dengan rasa manis yang tidak terlalu tajam. Sponge cake dari Jepang ini paling pas dinikmati dengan secangkir matcha yang pahit wangi. Hmm..enaknya!

Seperti bolu atau sponge cake lain, kasutera ini terbuat dari gula, tepung terigu, telur dan madu. Cake asal Nagasaki ini aslinya dari Spanyol. Pengaruh yang dibawa oleh orang Portugis dan Spanyol yang berdagang ke Jepang.

Pada abad 16 kapal Portugis merapat ke Nagasaki untuk berdagang. Banyak barang yang dibawa mereka seperi senjata, labu dan tembakau. Kasutera merupakan satu-satunya kue yang dibawa karena tahan lama disimpan selama berlayar. Ini karena kasutera dibuat dari bahan-bahan alami.

Nama kasutera dari bahasa Portugis Pao de Catella atau 'roti dari Castile'. Cake Castella panjangnya sekitar 27 cm dan lebar 10 cm, ukurannya mirip lapis Surabaya. Dari resep Portugis castella orang Jepang kemudian mengembangkan versinya sendiri sesuai dengan cita rasa orang Jepang.

Orang Jepang biasanya menikmati kasutera saat istirahat sore yang dikenal dengan Sanji no Oyastu atau break pada pukul 3 sore. Selain the Jepang biasanya disajikan minuman dingin juga aneka camilan termasuk kasutera dan beragam jenis kue yang lain.

Variasi rasa kasutera kini juga sudah banyak. Ada yang diberi tambahan teh hijau bubuk atau matcha, gula palem dan cokelat. Biasanya dijual di toko kue, dikemas dalam kotak cantik. Juga diberi aneka hiasan sehingga tampilannya makin cantik.





(Odi/Odi)