Yakgwa, Kue Obat yang Kenyal Legit

- detikFood Rabu, 07 Des 2011 14:17 WIB
Jakarta - Bentuknya seperti kue sakura mungil. Warnanya kecokelatan dengan tekstur lengket kenyal. Kue tradisional Korea ini selalu jadi favorit. Rasanya manis dengan aroma wijen dan rempah yang semerbak. Mencicipi satu buah pasti terasa kurang!

Ciri khas kue ini selalu dicetak berbentuk bunga yang sedang merekah. Namun asal muasalnya secara hsitoris kurang jelas. Mengingat kue asal Korea ini di Cina dikenal dengan nama Goryeo mandu. Kue ini sudah dikenal sejak masa dinasti Joseon.

Arti kata harafiah yakgwa adalah permen obat, karena kue ini memakai campuran madu, kayu manis dan minyak wijen yang berkhasiat untuk kesehatan. Meskipun banyak dijual di toko-toko sebagian besar ibu rumah tangga Korea membuat yakgwa sendiri.

Bahan pembuatnya terdiri dari tepung terigu yang dicampur dengan kayu manis, air jahe, minyak wijen dan air hingga menjadi adonan yang kalis. Adonan kemudian digilas dan dicetak dengan cetakan bentuk bunga. Selanjutnya kue ini tidak dipanggang tetapi justru digoreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan.

Sebagai sentuhan akhir kue direndam dalam madu atau sirop malt yang dipanaskan dengan sedikit kayu manis bubuk. Kuepun ditiriskan dan siap disajikan dengan taburan almond atau pinenut. Rasanya kenyal-kenyal manis dengan aroma wangi kayu manis yang enak.

Yakgwa biasanya disajikan untuk camilan atau suguhan di hari istimewa atau upacara keagamaan. Banyak juga yang dijual dalam kemasan plastik dan dibuat oleh industri makanan. Sedangkan kreasi bentuk bunganya sangat beragam tergantung selera yang membuatnya. Di toko bahan makanan Korea sering dijual kue yang rasanya manis kenyal ini.




(Odi/Odi)