Krenyes Gurih Quiche, Pie Perancis

- detikFood Senin, 05 Des 2011 09:36 WIB
Jakarta - Suka yang gurih-gurih renyah? Pie versi Perancis ini bisa jadi favorit. Kulitnya renyah gurih dengan isian lembut creamy. Isiannya berupa adonan bayam, salmon, ayam, daging asap yang dibalut keju. Enak dimakan selagi hangat.

Quiche, kue gurih yang berasal dari Perancis ini banyak dijual di kafe-kafe sebagai teman minum kopi. Bentuknya bundar seperti pie, terdiri dari kulit pastry dan isian gurih. Dicetak bentuk bundar mungil, sedang, hingga ukuran besar seperti lazimnya pie. Saat digigit bagian luarnya renyah bagian dalamnya gurih lembut.

Quiche sering dianggap versi gurih dari egg custard tart. Sebenarnya pastry dengan isian custard gurih sudah jauh lebih dulu dikenal di Inggris, tepatnya pada awal abad ke-14. Namun, kini quiche lebih dikenal sebagai makanan khas Perancis yang berasal dari Lorraine. Quiche Lorraine ini isinya adonan susu, telur, potongan daging asap dan keju Gruyere.

Dulu, quiche dibuat dari adonan roti yang dimasak di atas wajan datar dan diberi topping custard (adonan susu dan kuning telur) dengan daging asap atau potongan daging babi. Custardnya lebih kental daripada quiche ala Amerika Serikat. Di bagian utara Inggris, quiche diberi 'penutup' berupa pastry berbentuk jaring kotak-kotak.

Sekarang, quiche menggunakan shortcrust pastry yang dibuat di loyang springform, bahkan pinggirannya dibuat bergerigi. Isiannya pun beragam, bisa terdiri dari sayuran, jamur, keju, bawang, daging, maupun makanan laut.

Quiche bisa dibuat dengan adonan kulit pie. Lapisi loyang dengan adonan pie lalu panggang dulu kulit pie agar tidak lembek ketika dioven dengan adonan custard. Agar tidak berkerak, olesi pie atau loyang dengan minyak sebelum menambahkan isian.

Ada juga quiche yang dibuat dari adonan puff pastry sehingga lebih gurih renyah karena berlapisan lemak. Sedangkan varian isinya sangat beragam. Yang paling populer adalah quiche Lorraine, quiche bayam dan salmon. Untuk memberi rasa gurih biasanya ditambahkan keju krim, krim segar atau keju lunak yang diparut halus.

Quiche dapat disajikan hangat atau dingin sebagai menu sarapan, makan siang, makan malam dan camilan. Jika tidak habis dimakan, quiche dapat disimpan di kulkas sampai tiga hari. Jika ingin mencicipi quiche cobalah mampir ke kafe, umumnya mereka menjual beragam quiche.



(Odi/Odi)