'Green' Bottle Jadi Trend Wine 2012!

- detikFood Jumat, 02 Des 2011 13:46 WIB
Jakarta - Kemasan wine dari masa ke masa mengalami berbagai inovasi. Mulai dari penggunaan botol plastik, tutup botol gabus, boxed wine, dll. Dan tahun depan 'green' bottle disebut-sebut bakal menjadi trend baru untuk kemasan wine. Wouww!

Kampanye 'go green' rupanya juga ikut dilakukan oleh para produsen wine di Inggris. Seorang inventor asal Inggris, Martin Myerscough baru-baru ini mengungkapkan inovasinya dengan membuat botol wine yang terbuat dari kertas. Seperti yang detikFood kutip dari Wall Street Journal, ia pun telah memperkenalkan kemasan wine terbaru ini kepada berbagai supermarket besar di Inggris.

Rencananya wine dari botol kertas ini akan diluncurkan tahun depan. Tidak hanya sekedar unik dan inovatif, tetapi trend wine kali ini juga sekaligus merupakan kampanye 'go green' di Inggris. Tak heran kalau wine botol kertas ini juga dikenal dengan sebutan 'green' bottle. Penggunaan green bottle dianggap dapat menjadi salah satu solusi dalam menghadapi memburuknya isu seputar tempat pembuangan sampah yang semakin terbatas di negara tersebut.

Myerscough mengatakan kebanyakan wine dijual dengan sistem 'beli sekarang, minum sekarang', berbeda dengan para kolektor wine. Apalagi wine yang dikirimkan ke Inggris dalam jumlah banyak dan biasanya menggunakan drum. Pengemasan dalam botol dan lebel baru kemudian dilakukan oleh para supermarket-supermarket.

Meskipun sebagian besar material terbuat dari kertas, tetapi green bottle ini juga memiliki sebuah plastik di bagian dalam. Mirip dengan yang digunakan pada boxed wine sehingga dapat di daur ulang beberapa kali. Botolnya sendiri sedikit lebih ringan dan meskipun jatuh ke lantai juga tidak akan pecah.

Perusahaan milik Myerscough - GreenBottle - sendiri telah membuat botol susu kertas kurang lebih setahun yang lalu. Ia melihat pengenalan botol kertas untuk wine ini merupakan sebuah inovasi yang lebih alami.

(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com