Nyam..nyam... Khao Tom Mad, Lepet Pisang Thailand!

- detikFood Selasa, 29 Nov 2011 14:19 WIB
Jakarta - Jajan pasar dari Thailand mirip dengan kue lepet. Terbuat dari ketan yang lembut gurih dengan isian pisang dan kacang hitam. Aroma daun pisang yang jadi pembungkusnya bikin jajan pasar ini makin enak dinikmati dengan Thai Ice Tea.

Seperti aneka jajan pasar di negera Asia lainnya, sebagian besar jajan pasar Thailand dibuat dari tepung beras, tepung ketan atau beras ketan. Umumnya dijajakan sebagai makanan camilan sepanjang hari dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Demikian juga dengan Khao Tom Mad yang banyak dijual di pinggir jalan. Jajanan satu ini terbuat dari beras ketan. Selain untuk sarapan dan camilan juga sering diberikan pada kaum bhiksu seusai mereka bertapa. Karena jajanan ini cukup padat dan mengenyangkan.

Dibuat dari beras ketan dan diisi potongan buah pisang dan kacang hitam. Selintas mirip lepet atau buras karena dibungkus daun pisang. Membuatnya tak beda jauh dengan lepet. Mula-mula beras ketan yang sudah dicuci dan direndam dimasak dengan santan yang diberi sedikit gula dan garam hingga hampir tanak.

Sebagai bungkusnya disiapkan potongan daun pisang. Ketan diratakan di atas sepotong daun pisang lalu diberi potongan pisang dan sedikit kacang hitam. Karena jenis pisang di Thailand sangat banyak maka bisa biasanya dipakai jenis yang manis dan wangi.

Adonan ketan dan pisang dibungkus seperti kue pisang. Dua bungkus diikat jadi satu seperti membungkus buras lalu diikat dengan tali pelepah daun pisang atau bambu. Selanjutnya kue dikukus kembali hingga matang. Kukusan tradisional dengan kayu api masih banyak dipakai karena lebih murah dengan panas api yang tinggi dan stabil.

Nah, kue yang wangi dengan isian pisang yang legit dan kacang hitam yang renyahpun siap disajikan. Umumnya dinikmati dengan kopi atau the hangat atau dingin.



(Odi/Odi)