Brownies Ubi Ungu, Legit Kaya Nutrisi

- detikFood Senin, 28 Nov 2011 15:52 WIB
Jakarta - Kue yang satu ini warnanya ungu cerah, berbeda dari brownies yang umumnya berwarna kecokelatan. Warna ungunya berasal dari ubi ungu yang manis. Selain rasanya legit menggigit, brownies ini juga sarat nutrisi. Hmm... yummy!

Ubi jalar ungu memang dikenal memiliki banyak manfaat. Tak heran kalau ubi ungu banyak dibuat sebagai bahan baku berbagai makanan mulai dari keripik, es krim, pia, bakpau, donat dan lain sebagainya. Tetapi kini brownies ubi ungu juga mulai banyak menarik minat pencinta kuliner.

Umumnya brownies yang bercitarasa manis karena memakai gula dan cokelat. Brownies ubi ungu ini bisa menjadi alternatif bagi para pencinta brownies. Brownies ini memakai ubi ungu sebagai salah satu bahannya.

Di Jawa ubi ungu juga dikenal dengan istilah telo ungu. Pigmen ungu pada ubi ini mengandung betakaroten yang tinggi, juga kaya akan vitamin C dan vitamin A. Menurut penelitian kandungan antioksidan dan antibakteri dari ubi ungu lebih tinggi dibandingkan blueberry.

Cara pembuatan brownies ubi ungu tak jauh berbeda dengan pembuatan brownies biasa. Bedanya pada bahannya selain tepung terigu ditambahkan ubi jalar ungu yang dihaluskan. Karena ubi ungu sudah manis biasanya tidak ditambahkan banyak gula lagi. Agar makin enak kadang ditambahkan kismis atau kacang cincang atau amond isi untuk memberi sensasi renyah.

Brownies ubi ungu bisa dibuat sendiri atau dibeli di penjual produk khusus ubi ungu yang sudah banyak bertebaran di Jakarta. Sekotak brownies ubi ungu dihargai Rp 35.000,00 - Rp 40.000,00. Ada yang tertarik mencoba?



(dev/Odi)