'Pumpkin Pie', Legit Wangi Mengelus Lidah

- detikFood Kamis, 24 Nov 2011 08:39 WIB
Jakarta - Pie yang satu ini jadi primadona saat perayaan Thanksgiving di Amerika. Terbuat dari labu parang yang legit lembut dengan aroma rempah yang wangi. Lapisan adonan pastrynya renyah manis. Nyam..nyam yummy!

Selain kalkun sajian wajib saat Thanksgiving adalah Pumpkin Pie. Sebenarnya pie ini sudah banyak dibuat sejak pesta Halloween dan akan berlanjut hingga Natal nanti. Secara historis pembuatan pie ini diawali sejak labu kuning yang berasal dari Amerika Utara banyak ditanam di Amerika. Jenis labu kuningpun sangat banyak.

Seperti kalkun, resep Pumpkin Pie juga beragam dan hampir tiap keluarga punya resep andalan. Bahan utama pie ini adalah adonan pastry yang terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, telur dan gula. Sedangkan adonan pienya terbuat dari labu parang yang dihaluskan dan dicampur dengan gula, krim segar dan bumbu rempah.

Pemakaian bumbu rempah yang lengkap seperti jahe, cengkih, allspice, pala, bunga pala, kayu manis merupakan cara untuk memberikan aroma wangi alami. Selain itu rempah juga sangat baik untuk memberi rasa hangat di saat musim dingin mulai.

Rahasia kelezatan pie ini terletak pada labu parangnya. Harus dibuat dari labu parang yang tua agar adonannya kental. Labu dipotong atau dibelah dua kemudian dipanggang selama beberapa jam hingga lembut. Jika dikukus labu akan berair dan piepun tidak akan lembut kental teksturnya.

Di pasaran banyak sekali dijual adonan pumpkin pie siap pakai dalam kemasan kaleng. Cara ini lebih praktis karena tidak perlu memanggang labu berlama-lama. Hanya sayang banyak yang kurang suka karena rasa labunya kurang legit segar.

Sebagai pelengkap, permukaan pie diberi hiasan pastry dan pie disajikan dengan krim segar yang dikocok kental tanpa gula. Beberapa orang menambahkan dengan satu skop es krim. Bukan hanya pie saja beragam minuman, kue, es krim dan dessert dari labu pun mulai dibuat orang

Hmm..aroma wangi pumpkin pie yang memnuhi rumah orang Amerika di hari-hari ini selalu membawa kehangatan tersendiri. Pie yang lembut legit inipun menjadi sajian favorit sambil menikmati udara musim dingin yang mulai menggigit. Happy Thanksgiving!



(Odi/Odi)