Lengket-lengket Legit Pisang Goreng Madu

- detikFood Jumat, 18 Nov 2011 13:06 WIB
Jakarta - Pisang goreng yang kehitaman ini memang bikin penasaran. Bentuknya unik lebar, berwarna cokelat kehitaman akibat lelehan gula pisang. Teksturnya lengket-lengket enak saat dimakan. Sekali coba, si hitam manis ini ternyata bikin ketagihan. Nyam nyam...!

Setelah kepopuleran pisang goreng Kalimantan dan pisang goreng pasir menyurut. Nah, kali ini penyuka jajanan pisang ditawarkan pilihan lain berupa pisang goreng madu. Sebenarnya pisang goreng madu sudah banyak dijual di rumah makan bergaya Jawa Timuran. Berupa pisang utuh yang kemudian digoreng dengan balutan tepung dan dilumuri madu. Sehingga aroma dan rasanya enak saat dimakan.

Pisang goreng madu a la Bu Nanik yang ada di jalan Tanjung Duren Raya ini rupanya memiliki versi sedikit berbeda. Pisangnya memakai pisang raja yang matang sekali (over ripe). Pisang ini dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan adonan tepung terigu seperti layaknya pisang goreng.

Adonan ini kemudian digoreng dengan bentuk melebar. Tekstur pisang raja yang sangat matang atau lonyot saat digoreng akan mengelurakan gula atau karamel yang rasanya manis-manis sedikit gosong seperti masu. Karena itu saat matang, adonan tepungnya berwarna cokelat dengan bintik-bintik hitam karamel yang membalut permukaan pisang goreng ini.

Saat digigit akan terasa empuk manis pisang raja dengan tekstur yang lengket-lengket manis sedikit pahit dengan aroma karamel yang enak. Pisang ini enak dimakan saat dalam keadaan hangat maupun dingin. Ukurannya juga cukup besar sehingga makan 1 atau 2 buah saja dijamin bikin perut kenyang.

Si penjual hanya memakai sebuah etalase kecil yang ditaruh di depan sebuah ruko. Jika dulu Bu Nanik hanya menjual pisang goreng madunya mulai pagi hingga siang saja, namun kini buka hingga malam hari. Pisang goreng madu ini dihargai Rp 2500,00 per buah. Yuk, mampir ke tempat Bu Nanik di Jl. Tanjung Duren Raya No. 67, 021-92828900/5681910.


(dev/Odi)