Keripik Cireng, Pedasnya Bikin Ketagihan

- detikFood Selasa, 15 Nov 2011 13:07 WIB
Jakarta - Siapa yang tak kenal cireng? Ada cireng goreng dan cireng isi. Kini keripik cireng pedas mulai digemari. Yang satu ini rasanya kriuk enak dengan balutan cabai yang menyetrum lidah dan bikin keringat berlelehan. Mau coba?

Urang Bandung memang terkenal kreatif menciptakan makanan atau camilan yang serba unik. Keunikan tersebut terkadang malah bikin penasaran dan membuat penganan tersebut jadi populer. Salah satu camilan Bandung yang sempat jadi buah bibir adalah cireng.

Cireng merupakan singkatan dari 'aci goreng'. Penganan tersebut terbuat dari bahan sederhana berupa campuran aci atau tepung kanji,sedikit tepung terigu, air, garam dan vetsin. Adonan ini kemudian digoreng sesendok demi sesendok hingga kering. Rasanya liat-liat kenyal dan gurih!

Setelah kepopuleran cireng surut, berbagai kreasi cireng muncul seperti cireng isi oncom, keju, cokelat, dan masih banyak lainnya. Bahkan beberapa penjual cireng isi pun bertebaran di mal-mal. Kreasi cireng yang sedang populer adalah keripik cireng pedas. Keripik cireng ini tidak seperti cireng lainnya yang bertekstur lembut dan kenyal-kenyal saat dimakan. Si keripik cireng teksturnya kering sehingga kriuk enak saat dimakan seperti kerupuk.

Keripik cireng bentuknya bundar, tidak terlalu tipis, dan berwarna kemerahan karena balutan cabai halus. Keripik cireng ini biasanya dijual dengan dua tingkat rasa pedas yaitu pedas biasa dan pedas yang bikin hidung meler. Satu plastik keripik cireng pedas dibungkus plastik transparan seberat 130gram dan dihargai mulai Rp 11.000,00 - Rp 13.000,00.

Di Bandung keripik cireng banyak sekali dijumpai di penjual oleh-oleh. Rasanya yang unik dengan sensasi pedas yang bikin keringat berlelehan membuat keripik cireng pedas banyak dicari. Wah, cireng memang juara euy!



(dev/Odi)