Menthik Susu, Beras Jepang dari Magelang

- detikFood Senin, 14 Nov 2011 09:01 WIB
Jakarta - Jenis beras unggulan di tiap daerah sangat beragam dan masing-masing punya keunggulan yang berbeda. Seperti beras yang berasal dari Jawa Tengah ini. Bentuknya cenderung bulat lonjong gemuk dengan warna putih susu.

Beras organik belakangan ini banyak ditanam di daerah Jawa Tengah sebagai komodits pertanian yang bagus. Beras organik dihasilkan dari di tanah pertanian yang bebas pestisida. Karena hanya bisa dipanen 1-2 kali setahun maka harganya juga relative mahal.

Beras organik memiliki kandungan nutrisi dan mineral tinggi, kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai, sangat aman dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Juga baik untuk program diet, mencegah kanker, jantung, asam urat, darah tinggi, dan vertigo.

Beras menthik sudah banyak diproduksi di Magelang, Jawa Tengah. Ada dua jenis beras menthik, menthik wangi dan menthik susu. Sejumlah daerah pun mendapat pasokan beras organik diantaranya Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Cirebon, Klaten, Purwokerto, dan Wonogiri.

Menthik susu organic selain bebas bahan kimia memiliki kandungan amilosa yang rendah. Amilosa adalah bagian dari pati yang terdapat pada padi-padian, biji-bijian dan umbi-umbian. Perbandingan amilosa dan amilopektin dapat menentukan tekstur pera atau tidaknya nasi, lengket atau tidaknya nasi, warnanya mengkilap atau tidak.

Pada beras, semakin kecil kandungan amilosa, nasi yang dihasilkan akan semakin pulen. Sedangkan beras dengan kandungan amilosa tinggi menghasilkan nasi pera dan kering. Karena kandungan amilosanya rendah maka beras menthik ini selain empuk, pulen aromanya juga wangi.

Beras menthik susu ini bentuknya mirip beras ketan putih, berwarna putih dan bentuknya mirip dengan ketan. Atau mirip padi yang masih muda dan sudah dipanen. Karena itu biasa disebut beras Jepangnya orang Indonesia karena teksturnya lengket dan rasanya sangat pulen.

Dengan warna putih semurni susu, beras menthik susu akan lengket sesudah dimasak, karakter tersebut serupa dengan beras jepang. Cocok untuk nasi sushi, lontong dan nasi kuning. Tiap 100 gr beras menthik susu memiliki kandungan protein 8,33 gr, lemak 0,91, karbohidrat 77,78, serat 1,10, dan gula reduksi sebesar 0,12 gr. Beras menthik susu ini dapat dibeli di pasar swalayan yang ada di Jakarta.





(Odi/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com