Orzo, Pasta Mungil Sebutir Nasi

- detikFood Kamis, 10 Nov 2011 16:51 WIB
Jakarta - Pasta mungil ini saat matang tampilan dan teksturnya persis nasi. Kenyal-kenyal gurih. Pasta ini yang bentuknya seperti barley ini enak dimasak dengan seafood atau untuk sup dan salad. Karena mungil rasanya nyaris sama dengan nasi.

Orang Italia mengenal puluhan jenis pasta kering dan segar. Selain spaghetti, fettucine dan makaroni, orzo merupakan jenis pasta yang populer. Orzo artinya 'barley' alias cantel. Karena bentuknya yang kecil, berwarna putih, berujung runcing seperti beras.

Seperti pasta lain, orzo dibuat dari tepung terigu semolina, memiliki ukuran lebih kecil dari pasta lainnya. Ukurannya seperti sebutir beras besar, sedikit lebih kecil dari biji pinus. Pasta ini sangat populer di Yunani sebagai bahan pilaf, Mediterania, Timur Tengah dan beberapa wilayah bagian Jerman. Orzo pasta kadang disebut sebagai beras Italia, juga dikenal sebagai risoni atau beras besar.

Ukurannya yang kecil membuat orzo pasta sangat menyenangkan untuk disantap sebagai pengganti nasi atau sebagai bahan pelengkap sup. Bisa dibuat kaserol dengan campuran keju dan daging, sebagai campuran salad dan sup. Jika dimakan sebagai pasta, orzo paling cocok diberi saus tomat, minyak zaitun, dan vinaigrette.

Cara merebusnya seperti pasta kering lainnya. Cukup direbus dalam air mendidih secukupnya selama 9-11 menit hingga lunak. Setelah ditiriskan, orzo yang persis nasi ini bisa diolah menjadi hidangan dengan bumbu sesuai selera.

Bentuk dan warna orzo tidak berubah ketika dimasak. Kini orzo merupakan jenis pasta yang mulai digemari oleh masyarakat di Indonesia khususnya pecinta pasta. Ini karena menyantapnya mudah, seperti makan nasi, cukup memakai sendok saja.

Kalau penasaran, Anda bisa membeli orzo kering yang kadang tersedia dalam warna merah dan hitam di pasar swalayan besar. Atau bisa memesan di resto Italia yang lazim menaruh orzo sebagai salah satu sajian pasta yang enak. Mamma mia!

(Odi/Odi)