Semifreddo Si Lembut dari Itali, Mamma Mia!

- detikFood Rabu, 02 Nov 2011 16:38 WIB
Jakarta - Siapa bilang dessert asal Italia cuma tiramisu? Yang satu ini juga tak kalah unik dan lezat. Teksturnya dingin dan lembut sempurna dengan sensasi manis saat menyentuh lidah. Dijamin sepotong saja tak bakal cukup!

Semifreddo adalah dessert dari Italia yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Inggris berarti 'half cold'. Disebut demikian karena dessert yang satu ini teksturnya memang semi-frozen. Tak heran kalau dinikmati rasanya mamma mia... sungguh yummy! Krimnya dingin dan super lembut menghasilkan sensasi yang luar biasa enak di lidah.

Banyak yang salah mengira kelembutan semifreddo berasal dari mousse. Namun sebenarnya berupa campuran meringue alias putih telur dan gula yang dikocok bersama whipped cream. Selain itu untuk membuatnya juga tidak dibutuhkan mesin pembuat es krim loh. Semifreddo tampil dalam berbagai macam bentuk yang berbeda-beda alias tergantung kreasi sang pembuat.

Kunci yang membuat semifreddo tidak membeku seperti es krim saat di taruh di dalam freezer adalah putih telur dan whipped cream. Sebaliknya tekstur krim tersebut menjadi lembut seperti mousse dengan sensasi dingin saat dimakan. Sama seperti es krim, semifreddo juga dapat dibuat dengan berbagai macam rasa. Ada rasa vanilla, hazelnut, dan bahkan di Italia sana ada pula yang memakai campuran gelato.

Oh ya, konon di Spanyol ada pula dessert sejenis yang mirip dan dikenal dengan nama semifrio. Dessert ini biasanya diberi topping berupa buah-buahan segar atau kacang sebagai penyeimbang rasanya yang manis. Semifreddo sering disajikan sebagai dessert setelah makan siang atau makan malam.

Di Indonesia, cake ini bisa dinikmati di beberapa restoran yang menyuguhkan hidangan Italia dan juga di beberapa cake shop. Cake lovers, yuk dicoba!




(dev/Odi)