Rahasia Lezat Mengolah Daging Sapi (2)

- detikFood Kamis, 20 Okt 2011 10:36 WIB
Jakarta - Ada berbagai olahan daging sapi yang bisa dibuat untuk memikat selera anak-anak. Burger, satai, bakso hingga beefsteak lezat. Agar tak salah mengolah simak tips praktis dari sang Executive Chef berikut ini!

Daging sapi perlu diperkenalkan pada anak-anak sejak dini. Jika benar cara mengolahnya beragam jenis sajian daging sapi yang lezat bisa Anda olah. Executive Chef Vindex Tengker dalam sebuah acara 'Iron Family' yang digelar oleh Meat and Livestock Australia baru-baru ini membeberkan beberapa tips penting dalam mengolah daging:

Daging giling:
Daging giling/cincang lebih disukai oleh anak-anak karena lebih empuk teksturnya dan mudah dikunyah. Bisa dioleh menjadi sup bola-bola daging, hamburger, dan menu lainnya. Daging giling tidak boleh dicuci dan mudah terkena bakteri . Karenanya saat dikeluarkan dari kulkas harus segera langsung diolah.Temperatur yang tidak tepat akan membuat berkembangnya bakteri pada daging giling.

Beefsteak:
Steak daging sapi juga sangat digemari anak-anak. Pilihlah jenis daging tenderloin yang empuk dan mudah dikunyah. Atau iris-iris daging sapi hingga mudah dimakan. Gunakan wajan berdasartebal atau grill yang panas benar hingga daging bisa matang sempurna.

Daging Tumis:
Untuk membuat tumisan daging, sebaiknya pilih daging yang sudah dalam bentuk siap pakai. Misalkan daging sukiyaki, yakiniku, atau shabu-shabu. Saat memasaknya tumis dagingnya sedikit demi sedikit agar panasnya merata. Sisihkan daging sebelum memasak sayur atau tambahan tumisan lainnya. Hindari memasak daging terlalu lama karena akan membuat daging teksturnya keras karena irisan yang tipis akan membuat sari daging cepat menghilang.

Ajak Anak-anak:
Melibatkan anak-anak dalam proses memasak sangat penting. Selain memberi mereka info tentang bahan makanan, pengalaman memasak juga mengajarkan mereka menghargai makanan buatan sendiri. Ajak mereka ikut memilih menu yang akan dimasak. Kalau mungkin ajak mereka saat berbelanja sehingga mereka paham akan proses pembuatan makanan secara lengkap. Mulailah dengan hal yang sederhana, mengambilkan wadah, bumbu atau mengaduk bahan. Proses memasak bersama ini akan menimbulkan semangat untuk makan dengan lahap.
(dev/Odi)