Pelumat Tomat dari Italia

- detikFood Rabu, 14 Sep 2011 09:49 WIB
Jakarta - Suka bikin saus bolognese atau saus tomat buat pizza? Alat yang satu ini perlu Anda miliki. Bentuknya mirip gilingan daging dan mudah dipakai. Dengan sekali putar tomat bisa langsung lumat. Terpisah antara jus dan kulit serta bijinya. Praktis bukan?

Orang Italia biasa membuat saus tomat segar sendiri. Dengan memarut halus tomat masak yang warnanya merah tua. Dengan cara ini maka tomat yang didapatkan berupa air tomat dan parutan halus daging tomat. Setelah disaring, jadilah tomat halus yang kental.

Jika memakai blender maka biji tomat akan tercincang kasar demikian juga dengan kulitnya. Hasilnya, tomat halus tidak bisa lembut dan licin teksturnya. Karena itu merekalebih suka memakai cara manual dan tradisional.

Dengan alat bernama 'Italian Tomato Press' ini urusan menghaluskan tomat bisa diatasi dalam sekejap. Seperti gilingan daging, alat yang terbuat dari bahan aluminium dan plastik ini memiliki tuas yang harus dipasang di sut meja. Dengan baut yang diulir alat akan terpasang rapi.

Tomat yang sudah dicuci bisa dimasukkan ke dalam corong atau wadah di bagian atas. Tinggal diputar dengan tangan, maka daging dan jus tomat akan bisa ditampung dalam wadah. Sementara kulit dan bijinya yang terpisah bisa ditampung dalam wadah berbeda.

Dalam sekejap pasata di podomoro alias tomat pasta bisa didapat. Saus tomat kental ini merupakan saus dasar untuk lasagna, pasta dan pizza. Selain untuk tomat bisa dipakai untuk melumatkan buah seperti apel dan sayuran lainnya. Harganya sekitar Rp. 742.900,00 dan baru dijual secara online.

(Odi/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com