Kofta, Bakso Kenyal dari India

- detikFood Rabu, 03 Agu 2011 15:31 WIB
Jakarta - Bakso ternyata tidak hanya akrab dengan orang Indonesia saja. Di Asia Selatan ada juga makanan serupa namun dengan nama dan bahan dasar yang sedikit berbeda. Penasaran seperti apa bakso yang dikenal dengan nama kofa ini?

Ngemil bakso berkuah hangat di sore hari memang enak. Sebagai menu berbuka yang ringan pun bisa. Nah, kali ini bakso yang biasanya dibuat dari daging sapi cincang yang satu ini dibuat dari daging domba yang sudah dicincang dan dicampur dengan rempah-rempah dan bawang. Nama bakso ini adalah kofta yang sangat populer di India.

Selain daging, bahan lain yang kerap kali dicampur dalam adonan nya adalah bulgur, telur, serta cincangan sayuran. Apabila jumlah sayuran lebih dominan, namanya jadi lauki kofta. Kofta bisa disajikan dengan cara dibakar, digoreng, atau direbus. Sebagai pendamping menyantap kofta, biasanya ada saus kental.

Untuk kofta yang berisi telur, biasa disebut Nargisi Kofta. Jenis kofta ini paling populer di Pakistan. Selain India dan Pakistan, negara-negara yang termasuk dalam wilayah Afrika Utara juga mengenal kofta. Di India Timur, tepatnya di kota Bengal kofta biasanya dibuat dari cincangan udang, ikan, paprika, dan juga pisang mentah.

Jika Anda penasaran dengan bakso ala India ini, Anda bisa mencarinya di rumah makan India atau Timur Tengah yang ada di Jakarta. Biasanya mereka menyajikan kofta sebagai menu pembuka yang unik. Meskipun termasuk kedalam menu pembuka, kofta berukuran cukup besar. Sehingga satu porsi kofta sudah cukup mengganjal perut yang lapar.

(eka/Odi)