Kakiage, si Bakwan Jepang

- detikFood Jumat, 29 Jul 2011 14:47 WIB
Jakarta - Cincangan sayuran serta seafood yang komplet bikin menu yang satu ini kaya akan nutrisi. Digoreng garing renyah serta disantap dengan kucuran saus shoyu rasanya akan semakin mantap. Disantap dengan nasi putih hangat plus sup miso pasti bikin ketagihan. Cobain yuk!

Kalau sedang mengunjungi rumah makan Jepang, menu yang satu ini seperti tak pernah absen dari daftar menu. Kakiage adalah salah satu jenis tempura namun dengan penampilan yang sedikit berbeda. Tempura, gorengan khas Jepang yang diadaptasi dari Portugis ini banyak ragamnya.

Yang paling populer Ebi Tempura, berupa udang yang berbalut tepung renyah. Jenis lain yang enak adalah kakiage. Kakiage terdiri dari cincangan udang, buncis, wortel, jamur yang digoreng kering. Sepintas tampilan kakiage mirip sekali dengan bakwan sayuran.

Tak heran jika banyak orang Indonesia yang menyebutnya sebagai bakwan Jepang. Kakiage dimasak seperti ebi tempura. Irisan aneka sayuran dicampur dengan adonan tepung tempura kemudian digoreng dalam minyak panas dan banyak. Teksturnya garing renyah. Kakiage biasa disantap dengan miso soup dan nasi putih hangat.

Saus shoyu yang rasanya gurih manis dijadikan sebagai pengganti sambal botolan. Selain untuk lauk, kakiage bisa dijadikan camilan yang enak.Untuk membuat kakiage juga sederhana, gunakan tepung khusus untuk tempura. Larutkan tepung dengan air es secukupnya untuk mendapatkan tekstur yang renyah.

Gorenglah adonan kakiage di dalam minyak banyak dan panas sedang. Goreng hingga kuning kecokelatan. Kakiage gurih dan renyah kini siap untuk disantap. Kres..kres..renyah!

(eka/Odi)