Momotaro Tomato, si Pinky Pahlawan Jepang

- detikFood Selasa, 05 Jul 2011 09:40 WIB
Jakarta - Jika biasanya tomat berwarna hijau, kuning atau merah, yang satu ini unik karena berwarna pink tua. Memiliki rasa manis dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya. Enak dimakan segar, atau dijadikan salad. Dijamin pasti tergiur saat melihatnya!

Tomat adalah buah yang paling popular di dunia. Kurang lebih 60 juta ton tomat diproduksi per tahun untuk dijadikan bahan makanan. Buah ini kaya akan vitamin A, C, dan serat, selain itu juga bebas kolesterol. Lycopene pada tomat berfungsi untuk mencegah kanker porstat.

Tomat memiliki banyak Varietas, salah satunya jenis 'momotaro tomato' (Lycopersicon esculentum). Tomat asal Jepang yang unik dan beda dari buah tomat lainnya. Nama momotaro diambil dari nama salah satu pahlawan Jepang yang melegenda.

Momotaro tomato, memiliki ukuran sebesar 200 gram per buahnya. Berwarna pink segar yang menggiurkan, serta memiliki teksturnya padat dengan rasa manis menyegarkan, juga mengandung banyak air. Sering disajikan untuk salad, sup atau campuran hidangan lainnya.

Karena kandungan airnya yang melimpah, maka momotaro tomato menjadii makanan yang dapat memberikan efek segar. Juga a semangat, serta menjadikan tubuh kuat, seperti yang dimakan momotaro (pahlawan super kuat,asal Jepang) untuk melawan mahluk raksasa yang jahat.

Rasanya manis dan legit, mirip dengan rasa buah, sehingga tomat jenis ini enak dimakan segar atau dijadikan salad. Momotaro tomato juga merupakan jenis tanaman yang kuat terhadap berbagai serangan hama, seperti Fusarium1, Nematoda, Stemphylium dan Verticillium.

Selain itu, momotaro tomato merupakan tanaman hibrida yang tumbuh dalam waktu 78 hari untuk mencapai kematangan yang maksimal. Di Jepang momotaro tomato biasa ditemui di berbagai tempat, mulai dari pasar swalayan hingga pasar tradisional sekalipun.

Walaupun harga per kilogramnya masih cukup mahal, tapi tidak sedikit orang yang gemar makan momotaro tomato sebagai bahan masakan. Di Jakarta dan di berbagai negara di dunia, tomat ini jadi bintang sayuran. Karena warnanya cantik dan hanya disajikan di resto berbintang saja.


(Odi/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com