Harum Legit Dodol Kedondong

- detikFood Jumat, 24 Jun 2011 14:01 WIB
Jakarta - Kalau biasanya buah kedondong yang asam segar dijadikan buah untuk rujakan, kini kedondong diolah jadi panganan yang unik. Dodol yang biasanya rasanya manis legit, kini tertingal sedikit rasa asam yang segar. Hmm..cobain yuk!

Siapa yang tidak kenal dengan buah kedondong? Buah asam dengan biji buah yang berserabut ini biasanya dijadikan teman bumbu rujak. Tapi siapa sangka kalau buah ini ternyata enak dijadikan panganan enak yang cocok juga dijadikan buah tangan. Yak, di Kampung Besar Kota, Rengat, Riau, kedondong tidak hanya dijadikan buah langsung makan saja, tapi juga dijadikan camilan serta oleh-oleh khas daerah tersebut.

Oleh warga sekitar, buah kedondong yang cukup banyak hasil panennya dibuat menjadi dodol, panganan yang rasanya manis legit. Tidak ubahnya dengan dodol kebanyakan, dodol kedondong ini juga dibuat dari bahan-bahan seperti gula, buah kedondong dan juga wijen. Buah kedondong yang sudah matang, dikupas dan dilepaskan dari bijinya. Taburan wijen membuat aroma dodl menjadi harum dan tekstur dodol jadi sedikit kasar karena biji wijennya.

Warna dodol kedondong cokelat terang, tidak seperti dodol Betawi yang warnanya lebih gelap. Aromanya harum, dan rasanya tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu asam. Untuk yang tidak terlalu suka dengan rasa yang manis, dodol kedondong ini bisa dinikmati sebagai teman minum teh sore hari. Sayangnya, dodol kedondong ini masih sangat jarang ditemukan di Jakarta.

Hanya ketika ada pameran makanan tradisional daerah saja dodol kedondong ini bisa ditemukan. Sastu kotak dodol kedondong berukuran 400gr, dibandrol seharga Rp 15.000. Hmm..cukup murah bukan? Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Riau, pastikan dodol kedondong jadi buah tangan yang unik untuk keluarga dan teman-teman Anda.



(eka/Odi)