Renyah Gurih Rempeyek Bunga Raya

- detikFood Rabu, 15 Jun 2011 15:17 WIB
Jakarta - Rempeyek memang enak dijadikan camilan sore hari. Rasanya yang gurih renyah, kadang bisa bikin Anda ketagihan sebelum rempeyek habis tak bersisa. Kalau biasanya rempeyek berbahan dasar kacang-kacangan, kali ini rempeyek dibuat dari bunga. Hmm..bagaimana rasanya ya?

Untuk Anda yang gemar sekali dengan camilan dengan rasa yang gurih dan renyah, cobain deh jenis camilan yang satu ini. Kalau dengan nama rempeyek atau peyek mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana kalau rempeyek bunga raya? Hmm..pasti sebagian dari Anda masih belum terlalu 'akrab' dengan camilan yang satu ini.

Yak, rempeyek bunga raya atau buang kembang sepatu ini saya temukan di Food & Agro Food Festival 2011 silam. Tepatnya di stand makanan khas Riau. Bunga Raya adalah bunga kembang sepatu yang biasa dijadikan tanaman hias. Namun kali ini bunga kembang sepatu dijadikan camilan yang enak serta oleh-oleh yang cukup unik.

Tidak ubahnya dengan kebanyakan jenis rempeyek, rempeyek bunga raya dibalut dengan tepung berbumbu yang sudah dihaluskan. Campuran bumbu ini antara lain kencur, tepung beras, bawang putih, ketumbar, serta sedikit santan. Tak heran jika rasanya gurih dan renyah. Kriuk..kriuk..

Bunga kembang sepatu yang sudah dibersihkan serta dibuang putiksarinya kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung baru kemudian di goreng sampai warnanya kuning kecokelatan.

Rempeyek bunga raya ini dihasilkan di Desa Sukajadi Kecamatan Lirik Kabupaten Inhu, Riau. Rempeyek bunga raya ini dikemas dalam wadah plastik berukuran sedang, berisi sekitar 8-10 buah dibandrol dengan harga Rp 5.000. Jika Anda berkesempatan main di daerah Riau, rempeyek buanga raya bisa jadi buah tangan yang unik untuk keluarga atau teman Anda.


(eka/Odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya