Pengupas Jagung Yang Rata

- detikFood Jumat, 18 Mar 2011 15:59 WIB
Jakarta - Saat akan membuat bakwan jagung dengan banyak jagung, alat yang satu ini sangat menolong. Sekali  gerakan 1 buah jagung tepisah dari bongkolnya. Praktis  dan dijamin biji jagung lebih cepat terlepas dan tidak kotor pula! 

Gorengan bakwan jagung selalu jadi camilan  favorit. Mengupas biji jagung dari bongkolnya satu persatu bukan pekerjaan mudah. Jika tidak bisa menggunakan pisau biasa, salah-salah, biji jagung berantakan dan melukai tangan.

Dengan alat cutter yang bernama Corn Cob Cutter ini pekerjaan mengupas biji jagung jadi gampang. Bentuknya yang serupa penjepit gorengan dan mata pisau yang berbentuk bulat. Dilengkapi dengan pegangan nyaman yang terbuat dari bahan plastik yang kuat dan beraneka warna.

Selain bentuk capitan ada beragam bentuk lain yang ditawarkan. Yaitu, ada yang bentuknya serupa dengan parutan kelapa, yang hanya memiliki satu mata pisau. Dan satunya terdapat bentuk yang menyerupai mouse pada komputer.

Dari semua bentuk, memiliki cara memakainya yang sama dan cukup mudah, pilihlah jagung sedang kupas kulitnya sampai serabutnya hilang dan cuci bersih. Letakan Corn Cob Cutter pada ujung jagung, kemudian tekan kebawah, sampai deretan biji jagung terkupas dari bonggolnya. Agar biji jagung tak berantakan, lakukanlah diatas piring atau wadah.

Sedangkan untuk alat yang berbentuk mouse dan yang serupa dengan parutan kelapa, bisa dilakukan dengan menyerut biji jagung hingga terlepas dari bongkolnya. Khusus untuk yang berbentuk mouse, alat ini didesain khusus sehingga tak perlu wadah untuk menampungnya. Karena biji jagung langsung tertampung di dalamnya.

Selain mudah digunakan dan praktis. Untuk membersihkanpun tidak sulit, rendam Corn Cob Cutter sebentar dalam air hangat atau kucuri dengan air keran, lalu gosok dengan spon yang dicelupkan dalam air sabun. Corn Cob Cutter ini bisa didapatkan pada toko - toko alat rumah tangga atau pasar modern maupun tradisional.

(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com