'Jarum' yang Bikin Telur Rebus Mulus!

- detikFood Kamis, 03 Mar 2011 16:57 WIB
Jakarta - Suka malas bikin pindang telur karena banyak telur yang pecah saat direbus? Kini, dengan bantuan alat ini telur pindang atau telur rebus jadi lebuh memuaskan hasilnya. Tidak ada telur yang retak atau pecah saat dimasak alias mulus!

Merebus telur pindang atau telur sering kurang memuaskan. Beberapa telur retak dan sebagian putih telurnya keluar sehingga kurang mulus. Kulit telur yang  retak ini disebabkan adanya tekanan udara dari dalam yang menekan kulit sehingga menyebabkan kulit telur retak bahkan pecah.

Nah, untuk menyiasatinya bisa menggunakan Eier Prikker. Alat mungil ini berasal dari Belanda yang berfungsi untuk membuat lubang pada telur. Bentuk alat ini bulat dengan bagian tengah yang berisi jarum kecil untuk melubangi telur. Tidak perlu khawatir kalau telur akan pecah saat dilubangi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Taruh telur di atas Eier Prikker, bagian yang runcing di bagian atas. Hal ini berguna untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam telur. Tidak perlu takut kulit telur akan retak, karena jarum ini sangat kecil dan hanya meninggalkan bekas lubang yang tidak terlalu terlihat.

Setelah ini telur bisa langsung direbus hingga matang tanpa harus takut akan pecah atau retak, meskipun direbus dalam waktu yang lama.  Eier Prikker ini bisa dijumpai di toko peralatan masak atau toko bahan kue. Jika sulit ditemukan, Eier Prikker bisa diganti dengan push pin atau pines untuk melubangi telur sebelum direbus. Selamat mencoba!



(eka/Odi)