'Baling-Baling' Penumbuk Kentang

- detikFood Selasa, 22 Feb 2011 15:32 WIB
Jakarta - Alat penumbuk yang satu ini memang wajib dimiliki bagi yang berniat membuat mashed potato. Bentuknya yang unik dan akan membuat kentang menjadi lebih halus merata. Bagaimana memakai dan merawat alat penumbuk ini?

Bagi yang gemar membuat mashed potato, terutama yang menginginkan kentang bertekstur halus dan lembut. Adanya alat satu ini sangatlah membantu. Berfungsi untuk mempermudah dalam menghaluskan dan meningkatkan kecepatan menumbuk kentang sebanyak 50%.

Alat tumbuk khusus untuk kentang ini disebut spudnik potato masher  dengan tampilan menarik. Memiliki bentuk dan warna yang cantik, berbahan dasar plastik, besi, atau kayu dan aman untuk makanan.

Spudnik potato masher berbentuk gelombang atau serupa baling - baling, terdapat bulatan sebesar bola ping-pong di bagian ujung atas memudahkan telapak tangan memutar agar hasilnya halus dan lembut. Saat menumbuk tidak perlu ditekan lebih kencang untuk mendapat hasil yang bagus. Yang penting diperhatikan, kentang kukus/rebus harus dalam keadaan panas saat ditumbuk.

Karena penumbuknya seperti baling - baling mempermudah memutar adonan agar halus, rata dan cepat. Memiliki beragam warna - warna cantik dan nyaman digenggam. Bukan hanya para ibu yang dapat melakukannya, warnanya yang cantik membuat si kecil pun tertarik untuk mencobanya.

Jika ingin menambah koleksi peralatan dapur, Anda bisa membelinya di toko peralatan rumah tangga. Merawatnya juga mudah. Basahi dengan air keran, cuci  menggunakan air sabun hangat dan busa lembut lalu keringkan segera.


(eka/Odi)