Balsamic Vinegar, Saus Salad Italia

- detikFood Senin, 03 Jan 2011 18:09 WIB
Jakarta - Anda senang makan salad? Pasti sudah tak asing lagi dengan saus salad yang satu ini. Rasanya asam segar dan enak dijadikan saus untuk green salad. Cocok untuk Anda yang tengah berdiet di awal tahun ini.

Saat sedang makan di resto Eropa, saat Anda memesan salad kadang sering ditawarkan untuk memilih dressing atau saus yang akan di gunakan. Ada yang hanya menggunakan olive oil, saus buah, mayones, hingga balsamic. Namun tidak semua orang mengetahui apa itu saus balsamic.

Balsamic atau balsamic vinegar adalah salah satu condiment salad yang berasal dari Italia. Balsamic terbuat dari sari buah anggur Trebbiano yang telah difermentasi. Selain anggur Trebbiano, jenis anggur yang bisa digunakan adalah Ancellotta, Lumbrusco, dan juga Sauvigno. Balsamic pertama kali dibuat dan digunakan di kota Modena dan Reggio Emilia sejak abad pertengahan silam.

Seperti halnya wine, semakin tua usia balsamic ini semakin bagus kualitas dan juga rasanya. Tentu saja harganya juga semakin mahal. Bentuk botol yang digunakan untuk mengemas Balsamic vinegar ini bermacam-macam dan biasanya sangat menarik. Balsamic yang berasal dari Modena dan juga Reggio Emilia adalah jenis balsamic yang asli, diluar itu biasanya balsamic tersebut tiruan karena kualitasnya cenderung menurun.

Balsamic memiliki rasa yang asam dan segar dengan aroma yang sedikit kecut namun harum seperti anggur. Warnanya merah cenderung cokelat yang pekat. Sengaja digunakan sebagai saus pada appetizer seperti salad agar menimbulkan selera makan. Balsamic paling cocok digunakan dengan green salad atau salad sayur. Karena rasa asam segarnya bisa mennyamarkan rasa beberapa jenis sayuran yang mungkin getir.

Balsamic vinegar ini bisa dibeli di swalayan-swalayan besar. Jenis dan merk nya pun beragam, tinggal dipilih sesuai dengan selera Anda.



(eka/Odi)